145 Calon Mahasiswa Baru PEPI akan Jalani Ujian CAT Online Virtual

JAKARTA – Sebanyak 145 orang calon mahasiswa baru akan mengikuti Ujian Computer Assisted Test (CAT) secara online virtual di Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI). 145 orang ini berhak mengikuti ujian CAT setelah dinyatakan lulus verifikasi berkas. Penerimaan mahasiswa baru PEPI sendiri diikuti 485 pendaftar.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan, Kementan akam terus mendorong hadirnya petani milenial.

“Regenerasi harus terus dilakukan. Kita ingin sektor pertanian terus maju dengan hadirnya generasi milenial. Lewat anak-anak muda inilah kualitas pertanian Indonesia bisa semakin meningkat,” tuturnya, Senin (22/06/2020).

Hal tidak jauh berbeda disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP)  Kementan, Dedi Nursyamsi.

“Kementerian Pertanian terus melakukan gerakan penumbuhan generasi muda milenial di bidang pertanian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperkuat pelatihan dan pendidikan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil yang siap memasuki dunia kerja,” tutur Dedi Nursyamsi.

Sementara Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan PEPI, Tatang Suryadi, menyatakan bahwa PEPI telah menseleksi 145 orang Camaba yg dinyatakan lulus verifikasi berkas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada website www.pmb.pepi.ac.id jumat (19/06).

Ujian CAT Online Virtual PEPI rencananya akan dilaksanakan diawal bulan Juli 2020 dan dilakukan secara serentak dengan Politeknik Kementerian Pertanian. Camaba yang berasal dari Jambi sebanyak 2 Orang, Sumatera Utara 5 Orang, Sumatera Selatan 2 Orang, Sumatera Barat 1 Orang, Lampung 6 Orang, Banten 33 Orang, DKI Jakarta 18 Orang, Yogyakarta 3 Orang, Jawa Barat 41 Orang, Jawa Tengah 24 Orang, Jawa Timur 7 Orang, Nusa Tenggara Barat 1 Orang, dan Kalimantan Barat 2 Orang.

“Nantinya akan diberikan pembekalan kepada Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang akan melaksanakan Ujian CAT Online Virtual agarpelaksanaan ujian lancar dan sukses. Ujian CAT (Computer Assisted Test ) Online Virtual adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi Camaba yang dapat dilakukan dimana saja secara virtual meskipun dari daerah/ tempat asal masing-masing,” ujar tatang.

Dengan sistem aplikasi ini, Camaba langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer/laptop. Sementara pengawas dapat mengontrol secara Online virtual. Pengoperasiannya cukup mudah dan sistem durasi waktu bisa di kendalikan.

Tatang menambahkan, soal dengan bentuk multiple choice mempermudah camaba memilih dengan satu klik cukup. Sistem aplikasi ini bersifat lockdown dimana camaba pd saat akses tidak bisa melakukan browser ke halaman lain dan terfokus pada soal ujian.

“Peserta akan diberikan link password untuk akses masuk pada saat ujian dan Pengawas melakukan absensi, sebelum ujian CAT Online Virtual dimulai dengan melihat kartu tanda peserta yang dimiliki peserta sesuai dengan wajah peserta dan peserta wajib mengirimkan kartu tanda ujian peserta 3 (tiga) hari sebelum pelaksnaan ujian,” ujar Tatang.

Soal Ujian CAT Virtual berjumlah 50 soal dengan 3 jenis soal diantaranya Matematika dengan bobot nilai 40%, Fisika dengan bobot nilai 40% dan Bahasa Indonesia dengan bobot nilai 20%. Soal-soal tersebut berasal dari Tim Bank soal Pusat Pendidikan Pertanian – Kementerian Pertanian.(*)

 89 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?