Kementerian Pertanian dalam rangka menyiapkan dan mencetak sumber daya manusia pertanian yang berdaya saing dibidang sains dan enjiniring pertanian dilakukan melalui penyelenggaraan pendidikan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia. Pembentukan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia  sebagai tindak lanjut Surat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 230/M/X/2018 perihal Persetujuan Pendirian Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia. Pembentukan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia  berlokasi  di Serpong, yakni di Desa Pagedangan Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, berdampingan dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian

Pendirian lembaga pendidikan tinggi vokasi dibidang enjiniring pertanian diharapkan mampu menjawab berbagai persoalan SDM disektor pertanian, dengan program studi yang fokus pada penyiapan SDM pertanian di bidang sains dan enjiniring pertanian. Pendidikan tinggi vokasi dibidang engjiniring akan menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga teknis yang terampil di bidang alat dan mesin pertanian, tata air pertanian dengan pengolahan hasil pertanian secara khusus dan pada bidang pertanian secara umum, diharapkan lulusan pendidikan tinggi vokasi dibidang engjiniring akan dapat mewujudkan sistem pertanian modern dari hulu sampai dengan hilir yang berkelanjutan dan menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing dengan nilai ekonomis tinggi.

Program atau model pembelajaran Teaching Factory menjadi salah satu metode andalan dalam pembelajaran serta kegiatan penelitian terapan, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan pertanian, diharapkan dapat menghasilkan inovasi baru oleh SDM pertanian yang handal, dan dapat memecahkan berbagai permasalahan sektor pertanian. Oleh karena itu, dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia berkarakter dan kompetensi khusus di bidang sains dan enjiniring, maka Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian mendirikan lembaga pendidikan tinggi vokasi dibidang enjiniring pertanian dengan nama Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

 56 total views

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?