Camaba Polbangtan dan PEPI Akan Wujudkan Pertanian Yang Modern

Calon Mahasiswa/I Baru (CAMABA) Polbangtan dan PEPI akan memajukan pertanian sehingga terciptanya pertanian yang maju, mandiri dan modern.  Dimana Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian menciptakan inovasi-inovasi baru dibidang pertanian. Pertanian harus dengan konvensional dengan pemanfaatan alat mesin pertanian, sudah tidak bisa dihindari lagi cara mengelola sistem pertanian dari mulai perencanaan sampai panen sampai pengolahan juga harus ditata dengan ilmu yang mumpuni.  

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Siti Munifah  saat membuka kuliah perdana yang diikuti oleh 7 polbangtan dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) melalui Vcon yang diselenggarakan oleh Pusat Penyuluhan Pertanian-Kementerian Pertanian (02/10/2020)

“Para calon mahasiswa nantinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan pertanian masa depan yang memiliki keterampilan dan kemauan yang mumpuni untuk mengubah mekanisme dan model pertanian menjadi modern. Oleh karena itu keberhasilan ini tidak ditopang atau tidak hanya disediakannya benih unggul saja atau alat mesin pertanian modern saja Tetapi lebih dari itu 50% kontribusi SDM di bidang pertanian”ujar Siti Munifah.

Melalui kuliah perdana ini diharapkan para calon mahasiswa memiliki cita-cita yang untuk membangun masa depannya melalui bidang pertanian dan bisa mendapatkan gambaran dan mendapatkan wawasan yang lebih luas wawasannya pertanian era kekinian. Bertani dengan produktivitas tinggi dan terukur sehingganya bisa terpasarkan dengan baik dengan pola manajemen yang baik. Serta dapat menciptakan lapangan kerja buat orang lain dari keterampilan, setelah menempuh studi sudah paham dengan mekanisme teaching factory atau pembelajaran berbasis praktek yang langsung orientasinya bisnis maka nantinya lulusan akan menjadi pengusaha pertanian.

Mengawali perkuliahan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi, saat memberikan kuliah umum menyatakan bahwa pertanian harus dibangun kepercayaan diri bahwa bertani adalah pekerjaan yang paling unik karena apa dalam dunia pertanian kita tidak mengeksploitasi orang lain. Pertanian menjual produk yang kita cintai itu dan kita tidak mengambil untung dari orang lain. 

Mengakhiri kuliah umum Dedi Mulyadi menyatakan bahwa dunia pertanian adalah dunia spiritual dimana pertanian mengajarkan pada manusia untuk memahami Tuhan serta mengajarkan keutuhan atau gotong royong di dunia pertanian.

 5 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?