Tingkatkan Produktivitas, Kementan Upayakan Perluasan Area Tanam Lewat Pompanisasi

Tangerang—Upaya Kementerian Pertanian dalam meningkatkan produksi beras nasional terus digencarkan oleh Mentan Andi Amran Sulaiman. Salah satu langkah yang diusung adalah Perluasan Areal Tanam (PAT) melalui pompanisasi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) dan tata kelola air di lahan persawahan. Sehubungan dengan hal itu, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait di Provinsi Banten demi mendorong kelancaran program pompanisasi tersebut. 

 Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas padi. Salah satunya dengan memperkuat Perluasan Areal Tanam (PAT) padi melalui pompanisasi di lahan-lahan pertanian. Pompanisasi merupakan solusi cepat yang bisa dipilih untuk menghadapi masalah cuaca.

Kegiatan PAT melalui Pompanisasi ini ditargetkan sebanyak dua juta hektar lahan sawah kering dapat terairi dengan baik, sehingga mampu memperkuat ketahanan pangan secara mandiri tanpa harus tergantung pada kebijakan impor.

“Terlebih lagi ada 22 (dua puluh dua) negara yang telah menyetop ekspor beras. Ini harus menjadi perhatian kita semua. Anggaran yang disiapkan untuk pompanisasi ini mencapai 2 (dua) triliun untuk seluruh Indonesia yang berasal dari potongan biaya perjalanan dinas, biaya seremoni dan biaya lain yang kami prioritaskan untuk produksi,” jelas Amran.

Dalam kunjungan kerja, Muharfiza Direktur Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia hadir Kelompok tani Jamblang desa Margamulya Kec. Mauk-Tangerang, Gg. Pohon Mangga, Tj. Anom, Kec. Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (21/3)

“Untuk Desa Margamulya sendiri memiliki luas lahan 330 Ha yang siap ditanami. Lahan tersebut memiliki kondisi tanah atau keadaan dan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman dengan berbagai komponen di dalamnya dan kelompok tani tersebut memiliki sumber air yang dan cukup untuk kebutuhan irigasi”, ujar Muharfiza.

 525 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?