Teken MOU, Politeknik Enjiniring Kementan Tingkatkan Wawasan Industri dan Teknologi Mahasiswa

 
LAMPUNG – Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjalin kerja sama dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma, meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat bersama, pemanfaatan ilmu pengetahuan, kemandirian dan daya saing bangsa melalui pendidikan tinggi yang berwawasan industri dan teknologi bidang pertanian.
Kesepakatan kerja sama PEPI dan ITERA ditandai dengan pendandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) oleh Direktur PEPI Muharfiza dan Rektor ITERA Nyoman Pugeg Aryantha di Kampus ITERA, Lampung.
Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) tentang pentingnya pendidikan vokasi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia dalam memperkuat sektor pertanian.
“Anak muda wajib memperkuat negaranya sendiri agar tidak mudah dikalahkan negara lain dan perguruan tinggi wajib mencetak SDM yang unggul dan memiliki karakter kuat di semua bidang”. ujar Syahrul.
Sebagai sebuah perguruan tinggi, PEPI menerjemahkan hal tersebut melalui tiga pilar tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa Pengabdian Masyarakat oleh PEPI sebagai wadah belajar dan mengajar, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah.
“Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat membangkitkan semangat tanggung jawab sebagai sarana memantapkan penguatan komoditas lokal untuk kemandirian pangan,” kata Dedi.
Dalam sambutannya, Rektor ITERA Nyoman Pugeg Aryantha, menyampaikan rasa syukur atas terciptanya perjanjian kerja sama dalam penguatan Tridharma Pendidikan Tinggi Bidang Enjiniring Pertanian untuk mengoptimalkan prinsip kemitraan.
Rektor mengatakan, ITERA siap berkontribusi untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memajukan negara melalui kerja sama pelaksanaan pendidikan vokasi bersama PEPI.
“Kami siap menjalin kerja sama pengembangan sumber daya, serta menciptakan berbagai inovasi di berbagai bidang bersama PEPI,” ujar Rektor ITERA.
Selain itu Rektor Itera juga berharap bisa bekerjasama dalam bidang akademik, penelitian, serta perkembangan antarkampus. Kerja sama tersebut diharapkan dapat memberi kemajuan bagi ITERA dan PEPI.

 196 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?