Sistem Pembelajaran Daring, PEPI Terapkan Virtual Learning Environment

Menjawab tantangan peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) pertanian, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakanpendidikan vokasi menjadi sebuah jawaban ketika dihadapkan pada persaingan dunia usaha yang serba digital terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Pendidikan vokasi harus menjadi jawaban di tengah pandemi covid-19, terutama bagi generasi muda yang diharapkan selalu terbiasa dengan digital. Apalagi pendidikan adalah sebuah proses dan tantangan baru yang harus kita hadapi,” ujar Mentan Syahrul.

Wakil Direktur Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia Adi Prayoga menyataakan penerapan system pembelajaran mengunakan LMS (Learning Management System) dimana aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan online, program pembelajaran elektronik (e-Learning), dan isi pelatihan. LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara online . LMS berfungsi menyimpan, mengelola dan mendistribusikan berbagai material dengan katalog online sehingga pembelajar dapat mengakses, memilih, dan menjalankan berbagai materi pelatihan yang ada. LMS mampu mencetat log atau tracking aktivitas setiap pembelajar yang memanfaatkan e-Learning.

LMS memenuhi persyaratan pendidikan, administrasi, dan penyebaran. Untuk pembelajaran perusahaan (corporate learning), misalnya dapat berbagi banyak karakteristik dengan Virtual Learning Environment (VLE), atau lingkungan belajar virtual, yang digunakan oleh institusi pendidikan, masing-masing LMS memenuhi kebutuhan yang unik. Lingkungan belajar virtual VLE yang digunakan oleh Universitas dan perguruan tinggi memungkinkan instruktur untuk mengelola program mereka dan bertukar informasi dengan siswa untuk kursus yang dalam kebanyakan kasus akan berlangsung beberapa minggu dan akan bertemu beberapa kali selama berminggu-minggu.

Fitur Kelengkapan Belajar Mengajar: Daftar Mata Kuliah dan Kategorinya, Silabus Mata Kuliah, Materi Kuliah (Berbasis Text atau Multimedia), Daftar Referensi atau Bahan Bacaan. Fitur Diskusi dan Komunikasi: Forum Diskusi atau Mailing List, Instant Messenger untuk Komunikasi Realtime, Papan Pengumuman, Porfil dan Kontak Instruktur, File and Directory Sharing. Fitur Ujian dan Penugasan: Ujian Online (Exam), Tugas Mandiri (Assignment), Rapor dan Penilaian.

Dalam proses belajar mengajar, bagi seorang dosen tentu ingin mengukur sejauh mana mahasiswanya memahami materi yang disampaikan, oleh karena itu perlu diadakanya evaluasi, bisa dengan cara memberi tugas atau cara yang lain. Memberi tugas juga memungkinkan mahasiswa memperolah ilmu baru dan ini sangat bagus bagi mahasiswa. Akan tetapi dalam pemberian tugas harus dilaksanakan secara kontinu, dan ini sangat memberatkan dosen, apalagi jika dosen mempunyai banyak kelas, pasti sangat merepotkan.

Oleh karena itu, seharusnya seorang dosen dapat memanfaatkan teknologi untuk memudahkannya memberi tugas, aplikasi Sevima EdLink solusinya, yaitu hanya dengan mengandalkan smartphone, para dosen sudah dapat memberi tugas dengan mudah, bahkan dapat langsung memberi nilai.

Sevima EdLink adalah aplikasi berbasis android yang dikhususkan untuk dunia pendidikan dalam membantu dosen/guru menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa.

Dengan mendownload Sevima EdLink, para dosen/guru dapat berbagi informasi, materi perkuliahan/pelajaran, dan yang tak kalah penting dosen dapat memberikan tugas menjadi lebih mudah dan cepat, karena hanya lewat genggaman tangan. Aplikasi canggih ini dapat anda download di playstore secara gratis.

Adi Menambahkan bahwa “dalam fitur forum kelas, Dosen/ guru dapat membuat tugas dengan cepat yaitu dengan mengklik berbagi informasi lalu pilih pertanyaan, dosen langsung dapat memberi tugas, dalam fitur ini dosen juga dapat meyantumkan file, gambar bahkan link, untuk memudahkan mahasiswa memahami pertanyaan yang diberikan dosen”. Bukan hanya itu, dosen juga dapat melihat semua jawaban dan memberikan penilaian pada jawaban-jawaban tersebut. Dan jika tugas sudah terkumpul, dosen juga bisa mengeshare semua jawaban mahasiswa kepada anggota forum agar mahasiswa dapat mempelajari jawaban dari mahasiswa lain, sehingga mahasiswa tahu mana jawaban yang betul dan mana yang salah.

Dengan fitur tugas ini pasti sangat membantu membantu dosen/ guru untuk melihat bagaimana pemahaman mahasiswa/ murid terhadap materi kuliah/ pelajaran. Dari sisi mahasiswa/ murid, fitur ini juga membantu mahasiswa untuk menambah referensi belajar dari jawaban teman-temannya. 

 13 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?