Serentak PMB Polbangtan dan PEPI Kementan Dibuka Tanggal 21 Februari 2022

Sebagai wujud komitmen dalam melahirkan petani muda generasi milenial, Kementerian Pertanian terus mendorong lembaga pendidikan vokasi agar lebih maksimal dalam mencetak SDM pertanian. Bentuk komitmen tersebut diwujudkan Lewat transformasi Pendidikan vokasi Polbangtan dan PEPI yang ada dibawah binaan Kementerian Pertanian.

Memasuki Tahun Akademik 2022/2023 Polbangtan dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) membuka pendaftaran mahasiswa baru. Ada lima jalur yang bisa ditempuh untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa politeknik Kementan tersebut diantaranya, jalur Tugas Belajar, Undangan, Umum, Kerja Sama, dan POSKM.

Calon mahasiswa lewat jalur Tugas Belajar merupakan pegawai negeri sipil (PNS) pertanian pusat maupun daerah. Sedangkan jalur Undangan merupakan calon mahasiswa yang berasal dari SMK Pertanian, anak petani berprestasi, prasejahtera, dan 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal).

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo berharap penuh dengan adanya SDM pertanian yang unggul, kedepannya mampu menghasilkan pangan, dengan jumlah mencukupi didukung jaminan kualitas sebagai produk berkelanjutan demi mencapai target kemandirian pangan nasional.

“Mengusung konsep pendidikan vokasi Kementan berupaya membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional guna memenuhi kebutuhan kita,” tutur Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menegaskan pendidikan vokasi adalah salah satu alat untuk melahirkan petani milenial yang profesional, mandiri, dan berjiwa entrepreneurship.

“Bahkan pendidikan vokasi adalah sarana yang paling utama dibanding metode yang lain. Karena, pendidikan vokasi adalah pendidikan yang relatif panjang, ada yang 3 sampai 4 tahun. oleh karna itu output yang paling diharapkan yaitu menjadi petani milenial yang tangguh,” katanya.

Diketahui bahwa saat ini terdapat tujuh politeknik yang dimiliki Kementerian Pertanian (Kementan). Ketujuh politeknik tersebut yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan YoMa (Yogyakarta-Magelang), Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Maknokwari, serta Pepi di Serpong.

Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) merupakan 1 dari 7 politeknik dibawah naungan Kementan dengan fokus studi dibidang keteknikan pertanian. Kampus PEPI Serpong berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten.

Kampus PEPI merupakan Pendidikan Vokasi Diploma III dengan 3 program studi yang meliputi Teknologi Mekanisasi Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian dan Tata Air Pertanian.

Pendaftaran mahasiswa baru akan dibuka dalam waktu dekat adalah adalah jalur undangan dan tugas belajar yang dibuka secara serentak mulai tanggal 21 Februari-5 Maret 2022. Pendaftaran dilakukan secara online di website https://pepi.ac.id atau dapat mengunjungi langsung website https://pmb.pusdiktan.id.

 388 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?