Seleksi Wawancara, Politeknik Kementan Jaring Mahasiswa Baru Jalur Undangan

SERPONG – Kementerian Pertanian RI mengumumkan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Undangan dan Kerjasama. Sebanyak 177 Calon Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia yang lulus seleksi Administrasi akan melanjutkan tahap selanjutnya seleksi wawancara.

Salah satu tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon mahasiswa adalah tes wawancara. Tujuan dilaksanakan wawancara adalah komunikasi interpersonal (face to face) yang khusus antara penguji (pewawancara) dengan calon mahasiswa baru Polbangtan/PEPI (terwawancara) difokuskan pada bidang pertanian.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian diperlukan SDM pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis, sehingga pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian akan mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

“Salah satu upaya regenerasi SDM pertanian, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha melalui pendidikan vokasi. Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat,” kata Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang andal, dengan menyatukan antara kemampuan intelektual dengan pengembangan karakter.

“Kekuatan karakter sangat penting, karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada,” jelas Dedi.

“Pendidikan vokasi pertanian menjadi salah satu program prioritas kementerian pertanian, sebagai wadah menjaring SDM-SDM berkualitas yang nantinya akan menjadi penerus pembangunan pertanian, tambah Dedi.

Tahun 2023 ini, penerimaan mahasiswa baru politeknik lingkup kementerian pertanian membuka 3 (tiga) jalur pendaftaran antara lain; 1). Jalur Undangan dan Tugas Belajar, 2). Jalur Umum dan Kerjasama, dan 3). Jalur POSKM (Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan, maupun Bakat).

Direktur Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia, Muharfiza membuka pelaksanaan wawancara diawali dengan Pembacaan Pakta Integeritas sebanyak 15 pewawancara yang akan didampingi oleh 10 co-Host.

“Pelaksanaan wawancara tersebut berdurasi 20 menit dengan membagi peserta dalam sesi ujian soal terbuka dan tertutup”, papar Muharfiza.

Pelaksanaan tes wawancara jalur undangan dijadwalkan pada tanggal 3 – 4 April 2023. Pelaksanaan tes wawancara dapat dilakukan secara langsung daring (online).
Diharapkan dengan dilaksanakan Tes Wawancara Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia mendapati putra/putri terbaik dengan minat dan motivasi kuliah di PEPI dapat mencetak putra/putri berwirausaha di bidang pertanian serta mencetak karakter kewirausahaan dalam diri masing masing.

 927 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?