Robot EPSON SCARA T3 Untuk Pendidikan Diperkenalkan Di Kampus PEPI

Mahasiswa Politeknik Enjiniring Pertanian (PEPI) pada kamis ini (20/2) berkesempatan pmendapatkan informasi baru dan menarik dari Yosua Pohan Iskandar selaku manager bussiness enjinering PT. Kawan Lama yang memperkenalkan Robot Epson SCARA T3.
Seperti yang dijelaskan oleh Yosua Pohan Iskandar selaku Manajer Business Enginerering PT Kawan Lama tersebut bahwa Robot T3 Berbeda dengan jenis robot sebelumnya. Robot ini memiliki tampilan yang lebih sederhana, model entry-level compact dan serbaguna. Robot jenis ini sangat ideal untuk pendidikan vokasi dengan modul pengaplikasian pick-and-place yang sederhana yaitu tugas perakitan, inspeksi dan penempatan. Scara T3 ini juga memiliki pilihan untuk menggabungkan dengan Sistem Penglihatan Epson yang dapat memungkinkan robot untuk ‘melihat’, Robot T3 ini memiliki keunggulan dalam sistem proses gambar yang hebat yang dapat mendeteksi dan menempatkan objek dengan andal.

“Dalam pengembangan penggunaan Robot Epson Scara T3 ini nanti PEPI dapat memanfaatkan untuk model pembelajaran bagaimana nantinya bisa membuat program untuk dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian”, Jelas Yosua. Pada kesempatan ini mahasiswa Pepi melihat langsung demo alat peraga Paletizing. Mahasiswa PEPI sangat antusias ketika ditunjukan tentang cara penggunaan Gripper tipe Vacuum, serta penggunaan fungsi Paletizing yang terdapat pada robot. “Alat peraga pick and place merupakah alat peraga yang akan digunakan pertama kali sebagai dasar pembelajaran, pada alat peraga ini gripper yang digunakan adalah piston pneumatic yang telah direkayasa untuk digunakan mencekram benda kerja yang nantinya akan digunakan untuk membawa benda kerja dari posisi awal keposisi tujuan”, ujar Yosua.
Tim yang memberikan demo Robot Scara T3 ini menyampaikan bahwa Robot Epson Scara T3 ini hadir dengan ukuran yang compact dan kemudahan dalam pengaturannya. Selain itu, sistem kabel yang sederhana dan kemudahan tanpa adanya baterai membuat robot ini sangat ideal untuk pengaplikasian pick-and-place sederhana seperti tugas perakitan, inspeksi, dan penempatan.
Jika PEPI tertarik menggunakan robot ini dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah mekatronika mereka akan memberikan fasilitas pelatihan dari modul yang sederhana selama 1 semeter dan semester berikutnya modul untuk tingkat lanjut. Untuk mengoperasikan robot ini diperlukan sebuah software khusus yang akan digunakan untuk memprogram gerakan robot, kecepatan robot dan lainnya. Software yang digunakan memiliki beberapa fitur dan fungsi yang dapat dipelajari, dalam waktu dua semester tersebut.
Yosua menambahkan bahwa pembelajaran yang akan diberikan diantaranya memilih tipe robot yang akan digunakan, mengecek gerak robot, menentukan titik kordinat. Aplikasi robot bukan hanya ada di dunia industry pada saat ini, robot-robot tersebut dipakai di kedokteran dan lainya. Sehingganya generasi milenial yang kenal IT maka akan senang dalam menciptakan robot-robot yang dapat menggantikan manusia dalam waktu sesaat.
Sevina, mahasiswi Teknologi Hasil Pertanian sangat antusias dalam dalam pengoperasian Robot Epson T3, dan ingin sekali mempelajari program yang bisa menggerakkan robot tersebut. Sehingganya dapat membantu manusia sehingganya lebih efesien dan tepat guna.

 7 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?