Qualified Job Seeker, Alumni Politeknik Enjiniring Kementan Terserap di Dunia Kerja

Serpong- Banyak alumni perguruan tinggi yang sukses di dunia usaha. Keberhasilan mereka dapat berasal dari berbagai bidang, termasuk Enjiniring Pertanian. Sebagai Perguruan tinggi vokasi Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) lingkup Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM pertanian – Kementerian Pertanian saat ini telah melululuskan 140 orang yang berasal dari 26 Provinsi Se Indonesia.

Salah satu alumni PEPI, Panca Saktiadi Lukis program studi Teknologi Mekanisasi Pertanian telah terdaftar di PT. Pupuk Kaltim sebagai riset agronomis yang menangani kebutuhan pupuk di daerah jawa barat.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang menegaskan bahwa Polbangtan/PEPI sebagai pendidikan tinggi vokasi memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan, dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga  terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi, guna meningkatkan daya saing bangsa.

“Kami yakin Polbangtan bisa cetak petani milenial. Mari jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” ujar Amran.

Lebih lanjut, Amran mengungkapkan keberhasilan membangun sektor pertanian ini tidak hanya tergantung pada pemerintah saja. Keberhasilan pembangunan pertanian sangat bergantung pada kolaborasi bersama antara seluruh pelaku, baik pemerintah, swasta, praktisi, akademisi maupun masyarakat.

“Kita harus optimis dengan upaya dan strategi yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Pertanian bersama dengan semua unsur pelaku pembangunan pertanian, Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 bukan hanya sebagai cita-cita semata, tetapi dapat terwujud,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi Dedi mengatakan, output dari pendidikan vokasi adalah qualified job creator dan job seeker. Qualified job creator artinya petani yang mandiri, bahkan mampu membuka peluang kerja buat rekan-rekannya. Petani ini yang paling diharapkan dari pendidikan vokasi.

“Sementara qualified job seeker adalah petani milenial yang terampil dan menguasai pekerjaannya yang bisa ditempatkan diseluruh sektor dunia usaha dan industri pertanian,” terangnya.

Dedi mengatakan, petani milenial produk vokasi harus mampu masuk dunia usaha dan industri. Makanya, sistem vokasi harus selaras dengan dunia usaha dan industri, termasuk dalam kurikulum, proses belajar mengajar.

 “Vokasi harus mengetahui apa yang dibutuhkan dunia usaha dan industri. Dalam pendidikan vokasi 30% di kelas, 70% di teaching factory dan magang di dunia industri. Mereka melakukan praktek langsung di lapangan. Harus mengenal baik dunia industri dan usaha sebelum terjun ke dunia itu,” katanya.

 

 

Disisi lain, Muharfiza Direktur PEPI membenarkan bahwa Panca Saktiadi Lukis merupakan lulusan PEPI tahun 2023 yang telah diterima di PT. Pupuk Kaltim.

Hal tersebut merupkan, tugas PEPI dalam SDM pertanian yang professional dan berdaya saing.  Selain meluluskan mahasiswa PEPI juga bertanggung jawab dalam memastikan lulusannya terserap di dunia kerja.

“Dengan kurikulum yang dijalani, PEPI berhasil membuktikan keseriusannya dalam mecetak qualified job seeker. Sebanyak 25 dari 70 orang mahasiswa angkatan dua berhasil serap lapangan kerja bidang pertanian baik BUMN maupun swasta. diketahui Sektor pertanian menjadi andalan (leading sector) dalam perekonomian nasional, oleh karena itu kontribusi indutri pertanian sangat diperlukan”, Tegas Direktur PEPI.

Kurikulum di PEPI terbukti sudah match dengan kebutuhan industri “SDM produk Vokasi PEPI tidak gagal, mereka mampu berkiprah mengisi lapangan pekerjaan sektor pertanian, artinya mereka memiliki peran untuk pembangunan pertanian sekarang dan di masa depan. Kita berbicara tentang kemampuan dilapangan, kami yakin lulusan PEPI tidak kalah dengan lulusan  Perguruan tingggi”

Tidak hanya pupuk kaltim, alumni juga banyak terserap di PT. Daya Sentosa Rekayasa, PT. Bima Sahabat Bumi, PT. Senopati Technology, PT. Smart Tech Solution International, Batamindo, dll.

 313 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?