Politeknik lingkup Kementan Kembali membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2023

JAKARTA – Kementerian Pertanian RI memanggil putra/putri terbaik warga negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pertanian.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian membawahi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangantan) dan Politeknik dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) yang tersebar di tujuh wilayah di Indonesia

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian diperlukan SDM pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis, sehingga pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian akan mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

“Salah satu upaya regenerasi SDM pertanian, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha melalui pendidikan vokasi. Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial yang harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat,” kata Syahrul.

 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan SDM pertanian yang andal, dengan menyatukan antara kemampuan intelektual dengan pengembangan karakter.

“Kekuatan karakter sangat penting, karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada,” jelas Dedi.

“Pendidikan vokasi pertanian menjadi salah satu program prioritas kementerian pertanian, sebagai wadah menjaring SDM-SDM berkualitas yang nantinya akan menjadi penerus pembangunan pertanian. tambah Dedi

Tahun 2023 ini ,penerimaan mahasiswa baru politeknik lingkup kementerian pertanian membuka 3 (tiga) jalur pendaftaran antara lain; 1). Jalur Undangan dan Tugas Belajar, 2). Jalur Umum dan Kerjasama, dan 3). Jalur POSKM (Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan, maupun Bakat).

Pendaftaran sudah di mulai dari tanggal 6 -26 Maret 2023 untuk jalur undangan dan Tugas Belajar, kemudian untuk jalur umum dan kerjasama dimulai dari tanggal 10 April – 7 Mei 2023, sedangkan untuk jalur POSKM dimulai pendaftaran dari tanggal 5 – 8 Juni 2023.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru sudah sepenuhnya terpusat melalui portal http://pmb.pusdiktan.id

“Proses penerimaan mahasiswa sejak tahun sebelum nya sudah dilakukan secara online dan para calon mahasiswa dapat mengakses dan mencari info persyaratan pendaftaran
semua dapat di akses di http://pmb.pusdiktan.id ujar Santi.

“Sebanyak tujuh kampus pendidikan vokasi pertanian lingkup Kementerian Pertanian RI tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, Polbangtan Manokwari, dan PEPI di Serpong siap menerima putra putri terbaik bangsa dengan fasilitas sarana pembelajaran agribisnis hulu hingga hilir yang sangat memadai” tandas Santi.

 873 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?