Politeknik Enjiniring Kementan sinergi dengan SMK PP Lampung Dukung Akselerasi Pertanian

Serpong- Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian terima kunjungan Industri SMK PP Lampung yang di hadiri Kepala sekolah beserta dewan guru menyambangi kampus PEPI, selasa (05/12).
Kunjungan disambut langsung oleh Direktur PEPI, Muharfiza didampingi Wakil Direktur I Bidang Akademik, Wakil Direktur II Bidang Umum dan Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan beserta civitas PEPI. Kunjungan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PEPI sebagai perguruan Tinggi Vokasi Pertanian dengan SMK PP Lampung selaku Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian.
Kesepakatan Kerjasama tersebut tertuang maksud dan tujuan agar PEPI dan SMK PP Lampung bersinergi dalam program-program Kementerian Pertanian khususnya mengakselerasi pembangunan di daerah melalui penyediaan sumber daya manusia yang unggul dibidang enjiniring pertanian.
Hal tersebut senada dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengenai Polbangtan/PEPI sebagai pendidikan tinggi vokasi memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga-tenaga terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa.
“Kami yakin Polbangtan/PEPI bisa cetak petani milenial. Mari kita jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” seru Amran.

Lebih lanjut, Amran mengungkapkan keberhasilan membangun sektor pertanian ini tidak hanya tergantung pada pemerintah saja. Keberhasilan pembangunan pertanian sangat bergantung pada kolaborasi bersama antara seluruh pelaku, baik pemerintah, swasta, praktisi, akademisi maupun masyarakat.

“Kita harus optimis dengan upaya dan strategi yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Pertanian bersama dengan semua unsur pelaku pembangunan pertanian, Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 bukan hanya sebagai cita-cita semata, tetapi dapat terwujud,” tuturnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi turut menyatakan bahwa lulusan Polbangtan merupakan aktor pembangunan pertanian.
“Kalian harus siap ditempatkan semua lini pembangunan pertanian mulai budidaya, panen dan pasca panen. Pembangunan Pertanian saat ini adalah dengan agribisnis, maka Pendidikan vokasi ini diciptakan untuk melahirkan kalian sebagai job creator. Kalian harus siap masuk disini membangun dan menciptakan wirausaha pertanian” ujar Dedi.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMK PP Lampung Junaina juga berharap agar PEPI berkenan membuka pintu bagi alumni SMK PP untuk melanjutkan Pendidikan di PEPI disisi lain juga dapat bersinergi langsung dengan SDM (tendik) SMK PP Lampung dalam peningkatan kompetensi terkait ke enjiniringan pertanian.

Direktur PEPI Muharfiza mengatakan, PKS ini dilakukan bersama salah satunya bertujuan untuk mengakselerasi Pembangunan daerah. Lewat Kerjasama ini harapanya PEPI dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas SDM SMK PP Lampung baik melalui penyerapan alumni untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi maupun pelatihan untuk tenaga pendidik.

“Harapanya agar PKS ini dapat di implementasikan dalam bentuk kegiatan yang mendukung pengembangan kompetnsi SDM pertanian di SMK PP Lampung”tuturnya.

 92 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?