POLITEKNIK ENJINIRING KEMENTAN LAKUKAN PENANDATANGANAN KOMITMEN CORE VALUE BERAKHLAK

Tangerang- Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan para ASN melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan melalui Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” yang diluncurkan pada 27 Juli 2021.

Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta agar seluruh ASN dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk membantu masyarakat. “Dari tantangan yang dihadapi saat ini, maka seorang ASN atau pejabat pemerintah harus dikawal dengan moralitas melalui Pendekatan Core Values BerAkhlak agar kita selalu bekerja dengan baik,” ujar Mentan Amran.

Mentan menegaskan bahwa nilai-nilai dasar BerAKHLAK akan menjadi acuan sebagai dasar penerapan budaya kerja di Kementerian Pertanian untuk mewujudkan Pertanian Cemerlang Pertanian Gemilang. “Untuk itu saya perintahkan agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values BerAKHLAK secara utuh, sesuai contoh perilaku yang relevan dengan konteks tugas masing-masing,” tegas Mentan Amran.

Mendukung hal tersebut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi juga mengungkapkan adanya core value ASN BerAKHLAK ini menuntut ASN agar bekerja semaksimal mungkin, khususnya ASN untuk lingkup BPPSDMP sendiri.
“Sebagaimana di BPPSDMP mempunyai tugas khusus dalam mencetak petani pengusaha milenial, melakukan pendampingan penyuluh dan petani serta meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani. Oleh karena itu, untuk melaksanakan tugas tersebut perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing,” ujar Dedi.

Menindaklanjuti hal di atas, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan PPSDMP Kementan di tahun 2024 terus mendukung komitmen dari pemerintah untuk berkomitmen mendukung Core Values BerAKHLAK
Komitmen tersebut di implementasikan melalui penandatanganan Komitmen BerAKHLAK dan Keterbukaan Informasi Publik bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup PEPI, yang bertempat di Auditorium, Jumat (19/01). Penandatanganan diikuti oleh seluruh ASN PEPI dipimpin langsung oleh Direktur di dampingi Wakil Direktur I, Wakil Direktur II, Wakil Direktur III, serta Akademika PEPI.

Muharfiza Direktur PEPI menyatakan bahwa BerAKHLAK merupakan akronim dari tujuh suku kata, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini, mensarikan dan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang ada dimasing-masing Kementerian menjadi rumusan baku yang dapat berlaku umum menjadi satu core values sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

“Disisi lain penandatanganan komitmen Core Value ASN BerAKHLAK juga menjadi dasar dalam penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung transformasi SDM aparatur dan reformasi birokrasi. Sehingga Seluruh instansi pemerintah diharapkan bisa bertumbuh di atas fondasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama yang mengerucut pada Visi Misi Indonesia Maju yang dicanangkan pemerintah” tegas Muharfiza.

Kegiatan ini sebagai dukungan dari PEPI sebagai institusi pemerintahan berupaya menerapkan komitmen Core Values BerAKHLAK untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional

 57 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?