Politeknik Enjiniring Kementan Lakukan Assesment Lapang Akreditasi Prodi THP

Kementerian Pertanian berupaya menjamin mutu dan kualitas Pendidikan vokasi pertanian melalui pengawalan Akreditasi Program studi (Prodi) pada Unit Pelaksana Teknis Politeknik Lingkup Kementerian Pertanian salah satunya Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

Untuk mendukung hal tersebut maka Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP)  melakukan akreditasi yang di visitasi oleh Asesor BAN-PT secara daring pada tanggal 9 dan 10 September 2022. Prodi THP merupakan salah satu diantara 2 prodi lainnya yang telah terakreditasi yaitu prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian, dan Tata Air Pertanian. 

Hal ini sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang menjadikan pendidikan vokasi sebagai unsur penting dalam upaya regenerasi petani di Indonesia.
“Melalui pendidikan vokasi, kita berharap muncul petani milenial yang mampu memberikan inovasi. Karena bagaimanapun, masa depan pertanian ada di generasi milenial,” tegas Mentan Syahrul.

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa pendidikan vokasi merupakan amanah dari Presiden dan dalam upaya mengakselerasi pengembangan terutama di sektor pertanian.
“Sehingga jelas dari arahan tersebut pendidikan vokasi adalah salah satu jalan kita untuk mendapatkan petani-petani muda dari kalangan milenial yang berkualitas,” ungkap Dedi

Oleh karena itu, akreditasi merupakan upaya menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusannya tidak diragukan serta sesuai dengan kebutuhan Industri.
Sangat jelas bahwa mutu program studi merupakan totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan produk atau layanan yang diukur dari sejumlah standar sebagai tolok ukur penilaian untuk menentukan dan mencerminkan mutunya. Sehingga Penilaian mutu dalam rangka akreditasi program studi harus dilandasi oleh standar yang lengkap dan jelas sebagai tolok ukur penilaian tersebut.

Ketua Program Studi THP Mona Nur Moulia mengatakan bahwa pelaksanaan akreditasi melibatkan mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dosen, tim borang, tenaga kependidikan, unit layanan, unit penjaminan mutu. Dengan didukungnya oleh seluruh civitas akademika PEPI dapat mewujudkan target dan sasaran dalam mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Dengan terlaksananya akreditasi prodi THP dapat menjawab tantangan dalam mewujudkan visi Program Studi THP yang mengacu pada visi PEPI yaitu menjadi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian unggul bertaraf internasional dalam menghasilkan sumber daya manusia agrosociopreneur yang profesional, mandiri dan berdaya saing di bidang enjiniring dan teknologi pertanian serta menjadikan mahasiswa pepi menjadi Sumberdaya manusia yang maju, mandiri dan modern dalam membangun pertanian kedepan. 

 194 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?