Politeknik Enjiniring Jalin Sinergi Perkuat Inovasi Alsintan Lingkup Kementan

Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) merupakan Pendidikan Vokasi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. Selain Tri Dharma perguruan tinggi PEPI melakukan Inovasi Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dalam hal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi enjiniring pertanian.
Salah satunya dengan melakukan kerjasama dalam meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa melalui pendidikan vokasi yang berwawasan industri dan teknologi bidang pertanian bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten.
Hal tersebut searah dengan program Kementerian Pertanian dalam memasifkan teknologi oleh generasi milenial.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan Kementan terus berupaya mengubah wajah sektor petanian mengandalkan para petani muda dan pemanfaatan teknologi digital.
“Pembangunan pertanian ke depan akan semakin mengandalkan para petani muda dengan teknologi digital, terutama sebagai strategi untuk memperkuat produksi dan distribusi. Agripreneur muda yang melek teknologi adalah potensi dan mitra strategis memecahkan kendala distribusi serta lemahnya akses pasar petani selama ini,” tutur Mentan SYL.
Mentan Syahrul pun menjelaskan naiknya jumlah pemuda di sektor pertanian di masa pandemi ini dapat menjadi momentum tepat untuk memperluas adopsi teknologi di sektor pertanian.
Senada dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan kerja sama ini mendukung pengembangan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi milenial muda pertanian.
“Sehingga, dibutuhkan dukungan dari SDM pertanian. Selain itu SDM pertanian adalah pengungkit terbesar produktivitas pertanian. Maka pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial,” katanya.
“faktor pengungkit produktivitas adalah inovasi teknologi dan sarana prasarana pertanian, serta kebijakan peraturan perundangan termasuk local wisdom, yang masing-masing kontribusinya sekitar 25%. Sedangkan yang paling besar adalah SDM yang kontribusinya mencapai 50% dalam produktivitas” ucap Dedi.

“Oleh karena itu, perlu dukungan campur tangan Kementerian/lembaga terkait untuk melakukan pendampingan secara intensif dalam emnciptakan generasi milenial yang mampu mengelola sektor pertanian secara professional” tambahnya.
Perjanjian Kerjasama dilakukan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) antara pihak Direktur PEPI Dr. Muharfiza, S.TP., M.Si dengan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Dr. Ismatul Hidayah, S.P., M.P bertempatan dengan acara Expose IP2TP Singamerta dan Pameran Produk Pertanian, Serang 14 Desember 2021.
Dimana dalam nota kesepahaman tersebut pihak pertama PEPI merupakan institusi pengembangan sumberdaya manusia pertanian dibidang enjiniring pertanian. Pihak kedua BPTP Banten merupakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang melaksanakan riset dan inovasi pertanian.
“Kerja sama ini bertujuan untuk menjalin hubungan kelembagaan antara PEPI dan BPTP Banten dalam mendukung Tridharma Perguruan Tinggi, pengembangan inovasi teknologi dan rekomendasi kebijakan pembangunan di bidang pertanian,” Ujar Muharfiza Direktur PEPI.
Lanjutnya kerjasama tersebut dapat berjalan dalam bentuk penelitian, pengkajian, pengembangan, pendidikan, pengabdian kepada masyarakat guna mendukung pembangunan pertanian dimasa mendatang.
Ismatul Hidayah Kepala Balai BPTP Banten menggungkapkan kerjasama ini dalam rangka mendukung program Kementan dalam menghasilkan petani milenial yang maju, mandiri modern.
“BPTP berupaya memfasilitasi PEPI berupa penyediaan sarana prasarana agar mahasiswa dapat melakukan Praktik Kerja Lapang, memebrikan wawasan terkait penguasaan iptek untuk pengembangan inovasi teknologi pertanian” ucap Kepala BPTP Banten.
“Selain itu BPTP sebagai balai yang berkonsentrasi pada penelitian, juga dapat berperan membantu dosen dalam pelaksanaan penelitian” tambahnya.

 348 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?