PEPI Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

BPPSDMP Kementerian Pertanian mencatat petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya berjumlah 2,7 juta petani atau sekitar 8% dari total petani Indonesia.
Menyikapi fenomena tersebut, Kementerian Pertanian melakukan beragam upaya guna meregenerasi petani milenial dg menjaring SDM berkualitas melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi vokasi pertanian.
Dalam beberapa kesempatan, Menteri Pertanian , Syahrul Yasin Limpo menyatakan bahwa pendidikan vokasi mempunyai peran penting menghasilkan petani milenial berjiwa enterpreneur.
“Pendidikan vokasi pertanian menjadi jawaban terhadap tantangan pertanian di era 4.0. Selain menarik kaum agropreuneur milenial maka akan dibekali intelektual dan karakter yang kuat untuk mampu bersaing di industri pertanian,” ujar Syahrul.
Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, pembangunan SDM menjadi salah satu program prioritas Kementan. “Pendidikan vokasi pertanian merupakan wadah menjaring SDM berkualitas penerus pembangunan pertanian, tahun ini kami telah menyiapkan penjaringan mahasiswa baru melalui berbagai jalur. Mulai dari jalur umum hingga jalur prestasi,” jelas Dedi.
Penerimaan Mahasiswa Baru yang diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) yaitu jalur undangan dan Tugas Belajar, jalur Kerjasama dan Umum serta jalur POSKM,
Direktur Politeknik Enjiniring Pertanian, Mardison, mengumumkan pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru PEPI tahun Ajaran 2021/2022 dengan kuota sejumlah 72 orang calon mahasiswa. Beberapa Seleksi Tiap Jalur menerapkan Verifikasi berkas administrasi sesuai persyaratan, seleksi tes Kompetensi dasar (Computer Assisted Test), Tes Wawancara atau peminatan agar terjaring secara transparan dan akuntabel calon camaba spesifik job seeker dan job creator bidang pertanian.
Untuk dapat bergabung ke PEPI, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan khusus dan umum sesuai pedoman Pusat Pendidikan Pertanian. Tata Cara pendaftaran dapat di lihat pada laman website PEPI, lanjut Mardison.
agenda berikut merupakan jadwal perekrutan PMB PEPI
1. Jalur Tugas Belajar dan Undangan, 4 – 16 Maret 2021
2. Jalur Kerjasama Pemda / Perusahaan, 8 Maret – 24 April 2021
3. Jalur Umum, 1 – 24 April 2021
4. Jalur POSKM, 1 – 5 Juli 2021
Sebagai tambahan informasi, jalur undangan juga membuka anak dari petani berprestasi “Bukan hanya anak tp orangtuanya yang berprestasi, harapannya mengikuti jejak orang tua dan lebih sukses bertani dengan bekal IPTEK terbarui . Tahun 2021 ini PEPI menyediakan 3 program studi pilihan yaitu prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian dan Tata Air Pertanian.

 486 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?