Peluang Usaha Pertanian Hidroponik dan Organik di Tengah Pandemi Covid 19

Con-Pandemi Covid-19, menciptakan perubahan tatanan hingga permasalahan baru dalam lini kehidupan. Dalam kaitannya dengan Peluang Usaha Pertanian Hidroponik dan Organik.
Hal ini mendorong para mahasiwa/I Program Studi Tata Air Pertanian Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) menyelenggarakan kegiatan webinar bertajuk Peluang Usaha Pertanian Hidroponik dan Organik di Tengah Pandemi Covid 19 Kamis kemarin (29/10).

“Tahun 2020 tentunya mencatatkan tantangan tersendiri dalam beragam peluang usaha pertanian dengan adanya Pandemi Covid-19. Menjawab hal ini, mahasiswa PEPI menghadirkan Richard Lim CEO PT Curug lestari maju perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan dia juga merupakan seorang manajer marketing di perusahaan tersebut.

Richard Lim menyatakan bahwa pada awalnya dari berjualan sayur dengan pola tanam biasa. Nemun dengan kebutuhan konsumen yang banyak dan luas lahan yang sempit maka kami beralih profesi menjadi untuk menanam sayur secara hidroponik. 

Sistem hidroponik hidroponik sendiri merupakan menanam dengan menggunakan media air dan tidak lagi menggunakan tanah. Untuk nutrisi nya sendiri kita larutkan ke air dimana nantinya akan diserap oleh tanaman.

Richard Lim menambahkan bahwa   teknik pertanian modern yang bisa lebih efisien itu menjadi keunggulan dari hidroponik yang pertama itu perawatan get active gangguan hama lebih terkontrol soalnya kita kan nggak pakai tanah ya jadi otomatis hama-hama ini bisa lebih sedikit kemudian kita menggunakan pupuk dan air yang lebih efisien kalau kita nanti tanah ini kan biasa kita siram itu biasa airnya rendah.

Sedikit perbedaan dari satu tempat ke tempat yang lainnya kalau di hidroponik ini dengan nutrisi yang berada di air atau mati semuanya bisa menjadi lebih rata harga jual hidroponik lebih tinggi mungkin kalau misal sudah banyak kampus mungkin bisa coba mampir kan biasanya kalau di supermarket.

Prinsip kerja hidroponik umumnya untuk sayuran daun itu kita menggunakan namanya Rohul jadi ini seperti kapas ya itu nah ini tujuannya ini mah nanti bibirnya kancil karo ke dalam rok full nanti aku ini yang kan dibasahi oleh nutrisi kita nah kalau mungkin kalau di tanah kita ada pupuk NPK nah ini kalau hidroponik ini biasa kita sebut AB mix. 

 20 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?