Pandemi Covid-19, Animo Penerimaan Mahasiswa Baru Meningkat

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang menyerang berbagai negara termasuk Indonesia tidak menyurutkan semangat siswa/i SLTA seluruh Indonesia mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI). Hal ini terbukti dari sejumlah provinsi di Indonesia yang tengah terdaftar di PEPI pada aplikasi PMB yang ada pada sistem online PMB PEPI.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan Pandemi Covid-19 ini sangat luar biasa dampaknya bagi aspek kehidupan kita. Namun pertanian tidak boleh berhenti terutama untuk melawan serangan ini.

“Kementerian Pertanian terus melakukan gerakan penumbuhan generasi muda milenial di bidang pertanian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperkuat pelatihan dan pendidikan vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia terampil yang siap memasuki dunia kerja”, Tegas Dedi Nursyamsi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

Animo pendaftaran mahasiswa baru yang ada di Polbangtan dan PEPI meningkat. Pusat pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Undangan dan Tugas Belajar berjalan sesuai dengan jadwal dan akan ditutup tanggal 10 April 2020.

Ismaya Nita Rianti Parawansa Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan- Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan bahwa pendaftar mahasiswa baru cukup meningkat walaupun jadwal pendaftaran tersebut berbenturan dengan wabah corona. “Beberapa pola penerimaan mahasiswa dilakukan perubahan sehingga membuat calon pendaftar bersemangat untuk mendaftar, persyaratan pendaftaran pun dilakukan penyesuaian seperti SKCK, surat keterangan sehat dan SKHUN tidak wajib dilampirkan pada aplikasi pendaftaran namun dibawa saat daftar ulang” tegasnya.

Selanjutnya untuk jadwal jalur Umum, kerjasama dan PSOKM sementara sesuai dengan yang diagendakan, dimulai setelah tanggal 10 April dan berakhir di 30 April, diumumkan pada 14 Mei 2020. Berkenaan perpanjangan waktu pendaftaran akan dilihat nanti apakah wabah virus corona akan membuat kendala atau dalam pendaftaran atau tidak.

“Untuk pelaksanaan Tes CAT dan wawancara, akan dilaksanakan pada tanggal 15-18 Juni 2020, itu apabila kondisi Negara kita telah membaik. Seperti yang kita ketahui, bahwa sementara ini kondisi covid 19 diperkirakan sampai dengan 29 Mei 2020”, ujar Ismaya.

Pelaksanaan ujian CAT dan Wawancara Polbangtan dan PEPI dapat berkerjasama dengan BKN atau menggunakan jalur mandiri dengan aplikasi CAT yang dimiliki oleh Pusat Pendidikan Pertanian – Kementerian Pertanian, lokasi dan perangkat pendukung disiapkan oleh Polbangtan atau PEPI.

 14 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?