Orang Pintar, Pergunakan Hand Sanitizer

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan Adanya musibah wabah virus corona 19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi untuk menerapkan ´protokol kewaspadaan´ menghadapi penyebaran virus Corona, COVID-19. Kiatnya adalah ´jaga jarak´ atau social distance, misalnya salaman diganti lambaian tangan dan gunakan Cloud Meeting melalui Agriculture War Room – Komando Strategis Pembangunan Pertanian [AWR KostraTani] untuk komunikasi dan koordinasi jarak jauh via internet.

Hand Sanitizer adalah cairan atau gel pembersih tangan sebagai alternatif untuk mencuci tangan selain menggunakan air dan sabun yang dapat membersihkan atau menghilangkan kuman pada tangan. Hand Sanitizer merupakan menjadi barang yang banyak dicari-cari disaat wabah virus corona melanda Negara Indonesia.

Nabilla Hanifah Khoirunnisa Mahasiswa dari Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) program studi Tata Air Pertanian (TAP) melakukan kegiatan yang bermanfaat bersama keluarganya, yaitu membuat Hand sanitizer sederhana dari lidah buaya. Hal ini direalisasikan oleh Nabilla yang terinspirasi dari Ide ibunya, yang memelihara tanaman lidah buaya di taman depan rumah.

Untuk mengisi kegiatan dirumah selain mengikuti kegiatan perkuliahan melalui e-learning, sehari-hari Nabila membuat Hand sanitizer dengan bahan yang sederhana saja diantaranya ; Isopropil atau alkohol 70%, aloe vera gel (lidah buaya) dan baby oil (minyak esensial) diyakini berfungsi untuk mencegah terkontaminasinya virus korona.

Kunci membuat hand sanitizer yang efektif membunuh kuman adalah menggunakan perbandingan bahan 2:1 untuk alkohol dan lidah buaya. Cara ini akan menjaga kandungan alkohol sebanyak 60% pada hand sanitizer. Cara membuat adalah dengan mampurkan semua bahan di dalam wadah steril dengan menggunakan sendok plastik yang kering dan sudah bersih.

Setelah itu tuang ke dalam botol kosong yang bersih. Komposisi hand sanitizer terdiri dari isopropil alkohol atau etanol, hidrogen peroksida, gliserin dan air steril, air yang telah disuling atau air yang sudah direbus. “Tips menjaga kebersihan dan kesehatan dengan menggunakan Hand Sanitizer, gunakan hand sanitizer setelah memegang benda benda yang diduga terdapat kuman dan virus atau benda yang sering di pegang orang seperti gagang pintu, kunci”, tegas Nabila

Diharapkan kepada Warga Negara Indonesia dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan selalu menggunakan masker baik yang postip ataupun yang tidak, selalu menggunakan Hand Sanitizer sebagai menjaga kebersihan tangan serta selalu menjaga jarak.

 4 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?