Melalui Mabidama, Politeknik Enjiniring Kementan Awali Pembinaan Karakter

Serpong- Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama) merupakan tahapan awal yang dilewati oleh seluruh Mahasiswa Baru Politeknik lingkup Kementerian Pertanian sebagai dasar dalam memahami tata kehidupan kampus dan asrama. Mabidama Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Tahun Akademik 2022/2023 kali ini dilakukan secara offline. Bertempat di halaman Gedung Kampus PEPI, pembukaan Mabidama dilakukan dengan antusias dan diikuti oleh 126 calon mahasiswa baru PEPI.

Mabidama PEPI kali ini dibuka oleh Direktur PEPI dan mendapatkan dukungan penuh dari Rindam Jaya Jakarta dan dihadiri langsung oleh Dantim Letkol. Inf. Tito Harahap beserta tim pelatih. Dalam kesempatan ini, pembukaan Mabidama juga disaksikan oleh Ketua Senat, Ketua Program Studi, Kepala UPM, Kepala UPPM, seluruh mahasiswa dan civitas akademika PEPI. Selain sebagai bekal berkehidupan di kampus, kegiatan Mabidama PEPI juga bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang disiplin, berintegritas, kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan tinggi.

Senada dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Pendidikan vokasi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter.  “Ada empat faktor penentu keberhasilan pendidikan vokasi. Pertama, karakter yang tidak mudah menyerah dan memiliki jiwa yang tangguh. Kedua, kompetensi. Polbangtan dan SMK Pembangunan Pertanian harus menciptakan generasi milenial yang mampu bekerja sama dengan orang lain” ujar Mentan.

“Ketiga, memiliki sifat kritis pada diri sendiri, lingkungan, dan semua masalah yang dihadapi. Namun tetap sejalan dengan jiwa kebangsaan. Keempat, berpikir kreatif dan inovatif dengan meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar, dan sarana prasarana melalui dunia digital” tambahnya.

Dalam pesannya Mentan mengatakan bahwa semua mahasiswa yang hadir merupakan andalan keluarga, andalan bangsa, diharapkan Polbangtan/PEPI menjadi sekolah yang punya nama berskala Nasional, karena Indonesia kaya raya dan berlimpah ruah hasil pertanian, jumlah masyarakat yang sangat besar dan sudah terbiasa bertani mempunyai tumpuan harapan bahwa mereka menunggu anak-anak terampil seperti kalian yang menguasai akademik dan teori untuk membantu mereka para petani, menjadi manager membangun perilaku peradaban pertanian baru.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa Mabidama adalah pondasi dasar bagi mahasiswa baru untuk membentuk sikap dan karakter jiwa yang baik, sehingga membentuk lulusan sebagai qualified job creator dan qualified job seeker, bermental baja, pekerja keras, pekerja cerdas, wirausaha muda pertanian yang profesional, sebagai generasi muda milenial pertanian, yang 30 tahun kedepan akan menjadikan Republik Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045, yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka.

Mabidama diresmikan secara langsung oleh Direktur PEPI, Muharfiza yang didampingi oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Wakil DIrektur III Bidang kemahasiswaan yang menuturkan pada amanahnya Mabidama merupakan latihan yang mengandung nilai-nilai kepemimpinan sebab peserta didik ditempa mental perilakunya agar menjadi seorang yang disiplin tinggi sehingga berkarakter dalam menghadapi berbagai situasi kondisi.

“Saya berharap yang hadir disini adalah calon orang-orang hebat yang kedepannya akan menjadi agen perubahan bagi wilayahnya masing-masing dalam membangun pertanian” ujarnya.

“Masa perkuliahan yang akan dimulai 2 minggu lagi menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh calon mahasiswa baru, namun sebelumnya adalah bagaimana mereka dibina untuk siap menghadapi pola kehidupan kampus yang berbeda dengan masa sekolah menengah atas yang telah dijalani” tambah Muharfiza.

 208 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?