Mahasiswa Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian PEPI, Kelola Irigasi Tanaman Cabai

Kiki Deasty Silviani Mahasiswi Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di kelompok tani sesuai bidang keahliannya, selama masa pembelajaran daring on-line Learning From Home (LFH). Selama kegiatan pendampingan melakukan irigasi pada tanaman cabai di sawah yang berada di Desa Bango, Selopamioro Imogiri Bantul Yogyakarta senin (29/06).

“Kegiatan ini dilakukan dalam upaya pemenuhan nutrisi air pada tanaman cabai yang sudah berumur 1 bulan. Jenis cabai yang ditanam adalah cabai rawit, dan proses irigasi ini dilakukan sampai tanah cukup basah dan tidak terlalu becek”, ujar kiki.

Pelaksanaan irigasi ini dilakukan pada tanaman yang sudah mulai besar. Kemudia kegiatan ini dilakukan sebanyak ±3 kali dalam 1 bulan. Dalam hal ini, mahasiswa teknologi mekanisasi pertanian lebih menerapkan memasang dan merakit pipa dan pompa untuk irigasi.

Proses irigasi dimulai dari memasang pompa air yang diletakkan di pinggir sungai. Kemudian memasang selang yangdisambungkan ke lubang pompa dan dimasukkan kedalam bibir sungai dengan ujung selang yang diberi filter. Setelah itu memasukkan selang kedalam lubang pompa yang lain yang nantinya akan disambungkan kedalam pipa yang menuju ke sawah.

Disisi lain, memastikan sambungan pipa atau pun selang yang diikat dengan karet ban cukup kencang, itu dimaksudkan agar angin tidak dapat masuk. Lalu mengecek air pendingin dan bahan bakar, setelah semua aman kemudia nyalakan mesin pompa dan tunggu air tersedot hingga mengalir pada petakan sawah” tegas kiki.

Setelah air tersedot, pastikan air tersebut membasahi dan pastikan juga agar sambungan pada pipa tidak terlepas. Proses ini biasanya menghabiskan bahan bakar sebanyak kurang lebih 6 liter. Setelah selesai, matikan pompa dan rapikan semua peralatan yang dipakai.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka membantu meringankan petani agar tidak kesulitan dalam peniraman tanaman cabai. Serta upaya membantu petani yang sudah tua dan kerepotan dalam memasang ataupun merakit pipa dan pompa. Diharapkan irigasi ini dapat membantu tanaman tumbuh dengan baik dan menghasilkan hasil panen yang berkualitas sehingga membantu ketahanan pangan negara.

 25 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?