Mahasiswa PEPI Program Studi TMP Diperkenalkan Enjin Alat Pertanian

PT. Yanmar beri pembekalan kepada mahasiswa Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian (TMP) Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia, pebekalan alat mesin pertanian diantaranya adalah Mesin Tanam padi dan traktor tangan, Jumat (21/02)

Suwarto selaku costumer Service dari PT. Yammar akan melakukan pembekalan tersebut bukan hanya pengoperasian tombol-tombol yang ada saja serta pemeliharaan mesin. Pembekalan tsb, diutamakan pengoreasian dan perawatan yang perlu diketahui diantaranya implemen, roda, pengisian oli, enjine, bahan bakar, solar dan air pendingin.

24 mahasiswa/I yang menerima materi diharapkan dapat cepat dalam pengoperasian dan perawatan alat-alat pertanian. Disisi lain mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang keselamatan dalam penggunaan alat pertanian.

Pelatihan Alsintan yang diutamakan pada mesin tanam dan traktor roda dua yang diprioritaskan pada tahap pengenalan operasional dan perawatan berkala / rutin harian, pada pelatihan ini juga akan diberikan pengetahuan tentang traktor roda empat dengan mengetahui tombol-tombol serta melakukan praktek oparsional penggunaan.

Hal perlu diperhatikan bahan bakar, pelumasan, ASO (Air Solar dan Oli), awetnya peralatan pertanian dari perawatan rutin yang dilakukan sehingga alat tersebut dapat awet dan tidak mengalami kehausan dalam enjin nya, ujar Suwarto.

Untuk trasplenter diperkenalkan mahasiswa pepi diharapkan dapat dimengerti bagian-bagian yang diutamakan dalam bagaian penanaman diantaranya, jumlah tanaman, kedalaman tanah, jarak tanam serta kondisi lahan. Harapnya generasi muda mulai mengenal teknologi pertanian, Alsintan sendiri akan semakin maju. Untuk mahasiswa sendiri diharapkan mampu dan bias dalam pengoperasian mesin serta perawata, dalam penggunaan dan cara kerja yang ada pada alat pertanian tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama Politeknik Enjiering Pertanian Indonesia dengan PT. Yanmar dalam pelaksanaan bimtek alat pertanian, untuk alat pertanian yang ada di PEPI berjumlah 8 buah baik Traktor Roda 2 dan 4, Trasplenter dan Alat Pertanian lainnya sudah ada di Kampus PEPI.

 5 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?