Lewat Mabidama, Kementan Bentuk Jatidiri dan Disiplin Calon Mahasiswa

SERPONG – Sebanyak 126 calon mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 mengikuti kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama) bagi calon mahasiswa baru.
Calon mahasiswa tersebut berasal dari 25 Provinsi se-Indonesia akan menempuh pendidikan di Politeknik Enjiniring pertanian Indonesia satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian yang bertugas menyelenggarakan pendidikan vokasi dibidang enjiniring pertanian.
Calon masiswa baru tersebut langsung dibimbing oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Resimen Induk Kodam (Rindam) Jaya Jakarta mulai tanggal 04 September 2023 dimana pelaksanaan tersebut bertujuan untuk mengajarkan dasar baris berbaris, wawasan kebangsaan dan bela Negara agar terbentuk karakter peserta didik yang berintegritas, kecakapan dalam bersikap dan yang utama adalah membentuk jati diri yang disiplin.
Pelaksanaan Mabidama Tahun Akademik 2023/2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 04 s.d 16 September 2023 di Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia.
Pelaksanaan MABIDAMA tersebut bertujuan untuk dicapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, ketrampilan, sikap serta karakter dan kepribadian. Semakin tinggi gelar akademik yang kalian raih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk.
Senada dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), yang menyatakan bahwa pendidikan vokasi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter. Menurut Mentan Syahrul, kekuatan karakter sangat penting karena akan membuat seseorang menjadi kuat, serta mampu bertarung dan mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada.
“Ada empat faktor penentu keberhasilan pendidikan vokasi. Pertama, karakter yang tidak mudah menyerah dan memiliki jiwa yang tangguh. Kedua, kompetensi. Polbangtan dan SMK Pembangunan Pertanian harus menciptakan generasi milenial yang mampu bekerja sama dengan orang lain” ujar Mentan Syahrul.
“Ketiga, memiliki sifat kritis pada diri sendiri, lingkungan, dan semua masalah yang dihadapi. Namun tetap sejalan dengan jiwa kebangsaan. Keempat, berpikir kreatif dan inovatif dengan meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar, dan sarana prasarana melalui dunia digital” tambahnya.
Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menjelaskan bahwa Mabidama adalah pondasi dasar bagi mahasiswa baru untuk membentuk sikap dan karakter jiwa yang baik, sehingga membentuk lulusan sebagai qualified job creator dan qualified job seeker, bermental baja, pekerja keras, pekerja cerdas, wirausaha muda pertanian yang profesional.
“Sebagai generasi muda pertanian, masa depan pembangunan pertanian ada di pundak kalian, kalian yang akan membuat pertanian makin maju makin mandiri dan makin modern”. sebut Dedi.
Mabidama dibuka langsung secara resmi oleh Direktur Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia, Muharfiza beliau ngucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, pelaksanaan mabidama merupakan masa adaptasi yang mana adaptasi itu dibutuhkan untuk kebersamaan, kesamaan mindset, kesamaan bertindak dan membentuk disiplin.
Disisi lain, Pemerintah, melalui Kementerian Pertanian mendirikan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (Berdasarkan surat kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 230/M/X/2018). Dengan adanya PEPI, diharapkan kompetensi akademik dan keterampilan yang kalian capai di kampus akan semakin relevan dengan permasalahan dan tantangan pertanian di ‘dunia nyata’. Dan dengan demikian, ketika telah menyelesaikan studi kelak, kalian akan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi pada pekerjaan di bidang enjiniring pertanian.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Politeknik Enjiniring Pertanian (PEPI) telah menetapkan Visi yaitu “Menjadi Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia Unggul Bertaraf Internasional Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Pertanian yang Profesional, Mandiri, dan Berdaya Saing Dibidang Enjiniring Pertanian serta Berintegritas yang Memiliki Jiwa Entrepreneur dan Berwawasan Industri 4.0“.
Diharapkan setelah pelaksanaan MABIDAMA, calon mahasiswa dapat belajar dengan tekun dan fokus. “Proses belajar di PEPI akan menjadi fondasi bagi masa depan kalian. Manfaatkan semua peluang yang ada di sini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kalian. Ingatlah, ilmu yang kalian peroleh akan menjadi amunisi dalam menghadapi tantangan pertania di dunia nyata”, ujar Muharfiza.
Muharfiza berharap pada mahasiswa baru agar selalu ingat akan nilai-nilai integritas, etika, dan tanggung jawab. Kami mengharapkan kalian menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

 367 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?