Kunjungi Vegetables PEPI, Bikers Serpong Panen Sayuran

Rombongan Bikers Serpong kunjungi vegetables PEPI untuk memanen tanaman kangkung, pakcoy, selada dan sawi. Restu Dewi Ketua Rombongan Biker Serpong kagumi TEFA dan Smart Garden House yang ada di Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

TEFA dan Smart Garden House tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa Indonesia saat ini adalah kualitas SDM unggul, kompeten serta berdaya saing. Menurutnya, hal tersebut merupakan hal yang harus diwujudkan khususnya di era Revolusi Industri 4.0. Sabtu, (07/11).

“Kami kagum dan tidak menyangka PEPI telah pesat mengembangkan TEFA yang berstandar industri, yang bermanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa serta berdampak untuk menghasilkan PNBP,” ujarnya kagum.

Beliau menambahkan bahwa berkebun hidroponik bisa dilakukan oleh siapapun, Bunda. Makanya, cara berkebun yang satu ini disukai banyak orang. Nah, kalau Bunda ingin mencoba berkebun hidroponik, coba dari tanaman yang paling mudah dulu ya.

Disisi lain Afif selaku petugas vegetables PEPI menyatakan bahwa Hidroponik lebih mengandalkan air dengan nutrisi yang baik untuk bertanam. Sehingga tidak heran jika metode tanam hidroponik banyak diminati kebanyakan masyarakat kota yang minim lahan.

Cara bercocok tanam hidroponik adalah metode penanaman tanaman tanpa menggunakan media tumbuh dari tanah. Secara harfiah, hidroponik berarti penanaman dalam air yang mengandung campuran hara.

Pada saat itu, para biker juga dilatih bagai mana membuat hidroponik dengan sistem ini terdiri dari enam tabung tumbuh yang terbuat dari pipa PVC 6 inci, penyangga dan teralis yang terbuat dari PVC, tangki nutrisi 50 galon, pompa dan manifold. Tangki berada di bawah meja tabung tumbuh PVC 6 inci, dan pompa berada di dalam tangki untuk mendorong nutrisi ke tanaman melalui berbagai pipa PVC dan tabung plastik yang lebih kecil.

Setiap tabung memiliki pipa pembuangan yang mengarah kembali ke tangki. Manifold berada di atas pipa dan mengirimkan air bertekanan ke dalam tabung. Untuk mendapatkan nutrisi ke tanaman dalam sistem ini, air didorong melalui kotak PVC, manifold, dan kemudian dialirkan ke tabung plastik kecil yang berada di dalam setiap tabung tumbuh yang lebih besar.

Tabung nutrisi memiliki lubang yang sangat kecil di dalamnya, satu lubang di antara setiap lokasi tanaman.

Nutrisi keluar dari lubang dan menyemprot akar tanaman. Pada saat yang sama, semburan air membuat gelembung udara sehingga tanaman mendapatkan cukup oksigen.

 8 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?