Kunjungi Politeknik Enjiniring Kementan, Staf Khusus Mentan Motivasi Mahasiswa

TANGERANG- Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Percepatan Peningkatan Produksi Pertanian, Muhammad Arsyad, melakukan kunjungan ke Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Selasa (16/1).

Kunjungan bertujuan untuk memberikan arahan dan dukungan kepada PEPI dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan vokasi di bidang enjiniring pertanian serta peningkatan nilai tambah ekonomi di sektor pertanian melalui transfer teknologi serta peningkatan skill peserta didik.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman membeberkan target capaian utama tahun 2024 dalam rangka menjalankan tema RKP tahun 2024 serta mendukung program prioritas nasional (PN) dan program prioritas yang telah ditetapkan oleh Kementan. “Fokus Kementan saat ini ada pada empat program,” kata Amran.

“Pertama, program ketersediaan, akses, dan konsumsi pangan berkualitas. Kedua, program nilai tambah dan daya saing. Ketiga, program pendidikan dan pelatihan vokasi, dan keempat program dukungan manajemen,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi Dedi Nursyamsi menjelaskan, Kementan telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian untuk mencapai kinerja yang lebih baik dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memanfaatkan teknologi modern, dan korporasi petani sesuai arahan Presiden.

Dijelaskannya, Kementerian Pertanian berkomitmen melakukan regenerasi petani untuk mendukung pelaksanaan program utama Kementerian Pertanian dalam menjamin produktifvitas, kontinuitas dan ketahanan pangan.

Dedi berharap regenerasi petani dapat mendukung tercapainya kesejahteraan petani dan kedaulatan pangan serta menjadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia di Tahun 2045. ”Kita harus optimis bahwa hal itu dapat tercapai,” tegasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Muhammad Arsyad didampingi Direktur PEPI, Muharfiza meninjau berbagai fasilitas di PEPI diantaranya workshop, dan sarana prasarana lainnya. Ia memberikan apresiasi atas fasilitas yang dimiliki PEPI karena dinilai memadai untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihan di bidang enjiniring pertanian.

Muhammad Arsyad menyampaikan bahwa PEPI memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu politeknik enjinring pertanian terbaik di Indonesia bahkan internasional salah satu parameternya adalah keberhasilan penyelenggaraan kegiatan Short Course on Agricultural Machinery and Manufacturing Technology untuk peserta Kementerian Pertanian Timor Leste yang diselenggarakan mulai tanggal 6-18 Januari 2024. PEPI menjadi wadah tepat bagi pembelajaran bagi mahasiswa, karena didukung oleh berbagai faktor, seperti lokasi yang strategis, fasilitas yang memadai, dan tenaga pendidik yang kompeten.

“Kita berharap bahwa dengan kunjungan mereka akan terjadi transfer teknologi dan skill sehingga bukan hanya untuk kemajuan pertanian di Indonesia tetapi bisa berdampak juga positif untuk negara lain. Kemudian untuk tujuan distribusi ketamprilan sehingga ilmu yang diperoleh selama mereka magang baik dari industry, perguran tinggi dan lembaga lain dapat bersinergi dengan PEPI” ujar Muhammad Arsyad.

Kunjungan disambut baik oleh Direktur PEPI, Muharfiza beserta jajarannya. Ia menyampaikan dengan kunjungan Muhammad Arsyad ke PEPI semakin yakin dan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta akan terus mengembangkan berbagai program kerja yang dapat mendukung peningkatan kualitas lulusan PEPI.

“PEPI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Kami akan terus mengembangkan berbagai program kerja yang dapat mendukung peningkatan kualitas lulusan kami dan juga peningkatan kualitas dosen dengan peningkatan kompetensinya salah satunya adalah kemampuan untuk menulis pada jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional,” ujar Muharfiza.

Kunjungan Staf Khusus Menteri Pertanian ke PEPI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan vokasi di bidang enjiniring pertanian di Indonesia bahkan Internasional.

 55 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?