Kunjungi Politeknik Enjiniring Kementan, Siswa SMKN Serang Melek Teknologi Pertanian

Serpong- Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian terima kunjungan 120 siswa dan para guru SMK Negeri Kota Serang. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka membuka wawasan siswa-siswi akan canggihnya perkembangan pertanian saat ini dimana PEPI sebagai pelopor Engineer Pertanian menghadirkan teknologi inovasi baru sehingga menjadi daya tarik sendiri sebagai destinasi kunjungan generasi milenial.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, terus mendorong agar generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

“Terbukti banyak pemuda-pemuda terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. Ini adalah contoh nyata bahwa pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan, apalagi ditunjang dengan mekanisasi dan inovasi pertanian yang menjadikan pertanian menjadi lebih modern dan menjanjikan,” ungkap Syahrul.

Syahrul mengatakan PEPI merupakan perguruan tinggi vokasi yang disiapkan Kementerian Pertanian agar generasi muda memiliki minat terhadap pertanian.

“PEPI berkomitmen untuk menghasilkan lulusan sebagai tenaga teknisi yang terampil, berintegritas dan memiliki jiwa entrepreneur serta berwawasan industri 4.0,” jelas Syahrul.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan PEPI mengelola tiga program studi yaitu Teknologi Mekanisasi Pertanian, Tata Air Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian dengan menerapkan komposisi beban SKS mencakup 40% Teori dan 60% Praktik.

Lebih lanjut Dedi menuturkan bahwa tujuan pendirian PEPI adalah menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi, mengembangkan kelembagaan dan program studi bidang enjiniring pertanian.

“Juga meningkatkan mutu dan kompetensi sumberdaya pendidikan sesuai perkembangan IPTEK di bidang enjiniring pertanian, menjalin kemitraan dan jejaring kerja sama pendidikan nasional dan internasional, mengoptimalkan sistem manajemen administrasi Pendidikan, juga menyelenggarakan nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, berintegritas, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, dan professional,” ungkap Dedi

Pada kegiatan kunjungan tersebut disambut baik oleh Wakil Direktur I Andy Saryoko dan Wakil Direktur III Enrico Syaefullah. Acara dibuka dengan pengenalan profil kampus PEPI dan di lanjutkan dengan field trip lingkungan kampus.

Enrico mengatakan PEPI sebagai tempat lahirnya generasi milenial Tangguh yang siap dalam membangun pertanian di era mendatang. Oleh karena itu kita memperkenalkan diri ditengah tengah para hadirin yang datang bahwa PEPI merupakan pelopor Enginering.

“Saya harap adik adik dapat termotivasi untuk menjadi bagian dari PEPI, kita punya fasilitas praktik yang lengkap, asrama yang tak kalah mendukung. Kami tunggu kehadiran adik adik tahun depan” ujarnya.

Kepala Sekolah SMKN Kota Serang, Dwi Yanti Astianingsih mengatakan kunjunganya ke PEPI yakni selain memotivasi mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga belajar sedikit banyak teknologi pertanian yang ada di PEPI.

“Terimakasih telah menerima kami dengan baik, kami berupaya membuka wawasan siswa-siswi kami untuk tertarik terjun berkecimpung di Pertanian. Pertanian tidak selalu identic dengan budidaya yang tradisonal saat ini bisa kita lihat di PEPI ada vertical aeroponic, green house, alat dan mesain panen dan pra panen yang cukup besar. Semoga mereka bisa termotivasi” ujarnya.

 404 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?