Kolaborasi Antar Pendidikan Vokasi Kementan, Ciptakan Sinergitas Bangun Kekuatan SDM Pertanian

Ciptakan  sinergitas antara pelaksana pendidikan vokasi lingkup Kementarian Pertanian  (Kementan), Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) dan SMKPP Negeri Sembawa berupaya membangun kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya ini dilakukan guna mewujudkan percepatan penumbuhan dan penguatan petani muda mendukung visi besar Indonesia maju.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berulang kali menegaskan untuk mendukung pembangunan pertanian diperlukan SDM pertanian yang berkualitas, andal, berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan organisasi bisnis, agar pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian tetap mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

“Upaya utama regenerasi SDM pertanian melalui pendidikan vokasi. Polbangtan dan PEPI sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan kampus yang melahirkan generasi milenial yang tiada henti berinovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat,” kata Syahrul.

Pada kesempatan berbeda, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengakui kemampuan petani yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana hanya sekitar 1,5%, sisanya didominasi lulusan SMA bahkan di bawahnya.  Kondisi ini tentunya harus segera diatasi, katanya lagi, maka regenerasi petani adalah solusi terbaik, maka BPPSDMP berupaya mengoptimalkan peran pendidikan vokasi, dengan membuka peluang bagi generasi milenial untuk melanjutkan pendidikannya di sektor pertanian yang biayanya ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini Kementan.

“Para petani milenial, mahasiswa dan calon mahasiswa, kalian adalah generasi penerus pertanian kedepan. Di tangan kalian, tongkat estafet pembangunan pertanian. Kalian yang akan melanjutkan hidup matinya sektor pertanian Indonesia, melalui Polbangtan dan PEPI kalian akan dibekali pengetahuan, pendidikan karakter serta dilatih sesuai kebutuhan dunia industri dan dunia usaha atau DuDi,” kata Dedi Nursyamsi.

Pria yang akrab disapa Prof. Dedi menambahkan lulusan Polbangtan dan PEPI akan memenuhi kualifikasi job seeker dan job creator yang tentunya akan bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, bangsa dan negara melalui peran aktifnya dalam pembangunan pertanian.

Dalam kunjungannya ke SMKPP N Sembawa, Direktur PEPI Muharfiza didampingi oleh Kepala SMK PPN Sembawa Yudi Astoni berkesempatan meninjau lingkungan Sekolah yang memiliki luas wilayah 9 ha. 

“SMK-PPN Sembawa memiliki beberapa program keahlian diantaranya Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Agribisnis Ternak Unggas (ATU), dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Dari lima program tersebut akan dilakukan sinergi dalam upanya melanjutkan ke jenjang selanjut di PEPI. Terwujudnya lulusan yang berakhlak mulia, cerdas, terampil, berjiwa wirausaha, dan peduli lingkungan merupakan visi dari SMKPPN Sembawa”, jelas Yudi Astoni.

Muharfiza meyakini dengan adanya sinergitas antara PEPI dan SMKPPN Sembawa dapat membangun jiwa entrepreneur petani muda milenial. Kegiatan pertanian tidak boleh terputus. “Transformasi pengetahuan lintas generasi juga dijaga, bahkan dikembangkan. Dengan melibatkan anak muda secara penuh, produktivitas pertanian akan terus naik. Komoditi yang ditawarkan juga semakin ke hilir. Dengan begitu, nilai ekonomi komoditas pertanian semakin tinggi. Tingkat kesejahteraan bagi petani bahkan masyarakat luas semakin baik”, katanya.

SMK PPN Sembawa juga sudah menerapkan Teaching Factory sebagi program keahlian pengetahuan, pendidikan karakter serta dilatih sesuai kebutuhan dunia industri dan dunia usaha atau DuDi. 

“Diharapkan lulusan SMKPPN Sembawa dapat mendaftar atau melajutkan Pendidikan ke Polbangtan/PEPI untuk meningkatkan kualifikasi job seeker dan job creator yang tentunya akan bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, bangsa dan negara melalui peran aktifnya dalam pembangunan pertanian”, tegas Muharfiza. PEPI

 170 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?