Kapusdiktan Beri Kuliah Umum di Kampus PEPI

“Kebijakan Kementan dalam menyongsong peningkatan SDM pertanian yaitu mendirikan Enjinering Pertanian Bertaraf Internasional”, ujar Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr. Idha Widi Arsanti saat memberikan kuliah umum kepada 72 mahasiswa/I Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia.

Idha Widi Arsanti menekankan pentingnya merubah paradigma pertanian yang kotor dan miskin menjadi pertanian yang bersih, kaya dan sukses dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Dirinya mencontohnya beberapa petani milenial yang sukses seperti Rizal Fahreza (Kebun Jeruk Eptilu Agro Edu Wisata), Andri (krisanesia), Utami Super Broiler (Budidaya Ayam Broiler dan Ayam Olahan Siap Saji), dan yang lainnya. “Untuk mewujudkan semua itu, harus bekerja keras dan semangat. Para mahasiswa PEPI dapat mengikuti jejak petani milenial di atas dengan cara membuat usulan kegiatan kewirausahaan”, tambahnya.

Menurutnya, kedepan bidang pertanian menjadi sektor yang sangat seksi artinya peminat dan penghasil PDB yang tinggi sehingga mahasiwa PEPI harus siap menghadapi tantangan tersebut. Apalagi menghadapi Revolusi Industri 4.0., kita harus siap menghadapinya terutama alat dan mesin pertanian dari hulu hingga hilir.

Disisi lain Dr. Mardison S, STP., MSI Direktur PEPI akan menyiapkan mahasiswa PEPI sesuai kompetensinya, di tingkat I menjadi Operator alsintan bersertifikasi, tingkat II menjadi mekanik bersertifikasi dan tingkat III sudah siap menjadi job Creator (wirausaha). Di akhir kuliah umum Bu Santi memotivasi mahasiswa PEPI untuk giat belajar dan meningkatkan kreativitas sehingga setelah lulus dari PEPI bisa menjadi Job Creator or Job Seeker.

 524 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?