Jaring Generasi Milenial, Politeknik Enjiniring Kementan Gencarkan Promosi PMB

SERPONG – Menjelang tahun akademik 2023/2024 Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Pendidikan vokasi dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan strategi untuk menjaring generasi milenial penerus bangsa.
Penjaringan tersebut dilakukan melalui promosi webinar sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang digelar secara daring melalui zoom meeting Kamis, 23 Februari 2023.
Diketahui PEPI sebagai pendidikan vokasi kedinasan yang sudah berjalan empat tahun memiliki antusiasme yang tinggi di tengah masyarakat saat ini.
Sebagaimana Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, berdirinya PEPI merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat generasi muda terhadap sektor pertanian.
“ Kita harus dapat mengubah paradigma generasi muda, bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sungguh-sungguh, menanamkan kesadaran akan kebutuhan pangan nasional, “ujar Mentan Syahrul.
Menteri Pertanian mengungkapkan pihaknya mempersiapkan PEPI ini dengan baik agar mahasiswa memiliki kemamampuan akademik dan keterampilan terapan yang baik serta budidaya perilaku pertanian akan terbangun dalam kehidupan mereka.
“Kita butuh 2,5 juta anak-anak milenial untuk menggerakan pertanian. Sumber daya alam pertanian sudah tersedia banyak, untuk itu yang kita butuhkan sekarang adalah SDM yang lebih kuat dengan terapan science, riset dan teknologi agar lebih efektif dan berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri, “ ujar Mentan Syahrul.
Gerakan Pembangunan SDM pertanian difokuskan pada investasi mendukung Kawasan Ekonomi Khusus Pendidikan Tinggi.
Untuk itu PEPI bersinergi dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian melalui kegiatan penelitian, perekayasaan, dan pengembangan enjiniring pertanian.
“PEPI berkomitmen untuk menghasilkan lulusan sebagai tenaga teknisi yang terampil, berintegritas dan memiliki jiwa entrepreneur serta berwawasan industri 4.0, “ jelas Mentan Syahrul.
Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) mengelola 3 (tiga) program studi yaitu Teknologi Mekanisasi Pertanian, Tata Air Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian dengan menerapkan komposisi beban SKS mencakup 40 % Teori dan 60% Praktik.
Lebih lanjut Dedi menuturkan bahwa tujuan pendirian PEPI adalah menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi, mengembangkan kelembagaan dan program studi bidang enjiniring pertanian.
“Selain itu juga untuk meningkatkan mutu dan kompetensi sumberdaya pendidikan sesuai perkembangan IPTEK di bidang enjiniring pertanian. Menjalin kemitraan dan jejaring kerja sama pendidikan nasional dan internasional, mengoptimalkan sistem manajemen administrasi Pendidikan, juga menyelenggarakan nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, berintegritas, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, dan professional,” ungkap Dedi.
Sebanyak 171 partisipan hadir pada webinar sosialisasi PMB. Tahun ini Polbangtan dan PEPI akan membuka pendaftaran lima jalur yaitu Undangan yang terdiri dari jalur Undangan Siswa/siswi berprestasi dari SMK PP/SMK Pertanian Binaan Kementerian Pertanian, Anak petani berprestasi, Anak dari Petani yang Berlokasi di Kawasan Program Strategis Kementan, Anak dari Petani yang Masuk Kategori Prasejahtera dan 3T, jalur undangan tugas belajar yang diperuntukan bagi PNS pusat maupun PNS daerah, jalur umum, dan kerjasama, serta jalur Prestasi Olahrga, Seni, Keilmuan dan Minat (POSKM).
Andi Saryoko Wakil Direktur tiga bidang kemahasiswaan mengatakan para siswa siswi yang ingin melanjutkan jenjang Pendidikan ke PEPI diharapkan dapat mempersiapkan persyaratan dengan baik.
“Kami membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjaring milenial dari 38 provinsi yang ada di Indonesia, jalur pendaftaran yang akan segera dibuka yaitu jalur undangan pada tanggal 6 Maret-26 Maret 2023” ujar Andi.
Pendaftaran dapat diakses melalui laman website https://pmb.pusdiktan.id/ dan https://pmb.pepi.ac.id/ Sebagai tahap pendaftaran awal calon mahasiswa baru diharapkan untuk mempersiapkan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk registerasi awal.

 647 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?