Jaring Bibit Petani Milenial, Seleksi Jalur Umum Politeknik Enjiniring Kementan di Gelar

SERPONG – Guna meningkatkan kualitas proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, Kementerian Pertanian melalui Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) mengadakan Computer Assisted Test (CAT) secara virtual pada 10 Mei 2023. Proses sistem rekrutmen tersebut dilakukan berbasis kompetensi secara komputerisasi yang bertujuan untuk mewujudkan rekrutmen peserta didik secara adil.

Sebanyak 187 peserta dari berbagai daerah mengikuti proses CAT online yang sebelum pelaksanaan tersebut dilakukan sosialisasi simulasi akun CAT guna meminimalisir ketidak pahaman peserta yang menyebabkan pengunduran diri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menaruh harapan besar bagi mahasiswa Polbangtan dan PEPI dalam mewujudkan cita-cita Kementerian Pertanian.

“Saya harap pendidikan yang digelar oleh Polbangtan dan PEPI dengan berbagai ilmu Terapan dapat menghasilkan SDM unggul dan mampu membawa komoditas pertanian Indonesia semakin menguasai pasar dunia,”ujar Syahrul.

“Mahasiswa harus diajak menjadi bibit petani Milenial dengan menggunakan teknologi yang semakin hari semakin canggih sehingga ilmu yang didapatkan di kampus dapat dipraktekkan di lapangan,” tambahnya.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian (BPPSDMP) terus mengoptimalkan peran pendidikan vokasi dengan memberi kesempatan kepada generasi milenial untuk melanjutkan pendidikan di sektor pertanian dengan biaya ditanggung oleh pemerintah dalam hal ini Kementan.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan petani milenial, mahasiswa dan calon mahasiswa adalah generasi penerus pertanian kedepan. Tongkat estafet pembangunan pertanian berada ditangan generasi milenial.

“Kalian lah yang akan melanjutkan hidup matinya sektor pertanian di Indonesia. Melalui Polbangtan dan PEPI kalian akan dibekali pengetahuan, pendidikan karakter serta dilatih sesuai dengan keperluan dunia industri dan dunia usaha,” papar Dedi.

Dedi Nursyamsi menambahkan seleksi CAT ini dilaksanakan serentak oleh perguruan tinggi vokasi Kementan, Polbangtan maupun PEPI sehingga kelak mereka lulus siap memasuki pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Enrico Syaefullah mengatakan proses CAT tersebut sebagai proses rekrutmen untuk mendapatkan calon-calon petani milenial yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan PEPI.

“Sebagai Pendidikan vokasi yang memiliki misi mengembangkan kelembagaan bertaraf internasional, pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 ini PEPI mulai memperioritaskan penerimaan mahasiswa asing” ujar Enrico.

Tentunya Enrico berharap pada Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini jumlah animo peminatnya lebih banyak dari sebelumnya.” Sehingga kita bisa melihat bahwa PEPI semakin dikenal dimasyarakat terutama bisa menapaki popularitas di negara tetangga” tandasnya.

 387 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?