Jalin Kerjasama dengan Distan Kota Tangerang Selatan, Kementan Optimalkan Peran Pendidikan Vokasi

SERPONG – Sebagai upaya mengoptimalkan tugas dan fungsi menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang enjiniring dan teknologi pertanian, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan.

Perjanjian Kerjasama ditandatangani langsung Direktur PEPI, Muharfiza didampingi Wakil Direktur satu dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yepi Suherman beserta jajaranya di Ruang Rapat PEPI Selasa, (9/1/2024).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara terkuat melalui pengelolaan pertanian. Oleh karena itu dirinya terus melakukan pembenahan besar-besaran untuk meningkatkan produksi pangan strategis utamanya padi dan jagung. Di antaranya dengan penggunaan teknologi, pendampingan petani, mekanisasi pertanian, penggunaan benih unggul serta optimalisasi lahan marjinal seperti lahan rawa mineral.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menuturkan tujuan pendirian PEPI adalah menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi, mengembangkan kelembagaan dan program studi bidang enjiniring pertanian.

“Juga meningkatkan mutu dan kompetensi sumberdaya pendidikan sesuai perkembangan IPTEK di bidang enjiniring pertanian, menjalin kemitraan dan jejaring kerja sama pendidikan nasional dan internasional, mengoptimalkan sistem manajemen administrasi pendidikan, juga menyelenggarakan nilai kejuangan sehingga terbentuk sikap pembiasaan untuk beribadah, berakhlak mulia, berintegritas, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, dan professional,” ungkap Dedi.

Direktur PEPI, Muharfiza dalam sambutannya mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen PEPI untuk mendukung pembangunan pertanian di Kota Tangerang Selatan.

“PEPI memiliki sumber daya yang mumpuni di bidang pertanian, baik dari segi tenaga pendidik, sarana prasarana, maupun kurikulum. Kami siap berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan kota Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian di Kota Tangerang Selatan,” ujar Muharfiza.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan, Yepi Suherman menyambut baik kerja sama ini. Ia berharap kerja sama ini dapat meningkatkan pengoptimalan penggunaan alat mesin pertanian di Kota Tangerang Selatan.

“Kami memiliki banyak potensi pertanian, akan tetapi perlu adanya dukungan SDM yang mampu mengelola dan memanfaatkan dengan baik potensi tersebut oleh karena itu harapanya kerja sama dengan PEPI ini akan sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas SDM pertanian di Kota Tangerang Selatan,” ujar Suherman.

 125 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?