Hijaukan Indonesia, Politeknik Enjiniring Kementan Sukseskan Program Penanaman Serentak 1000 Pohon

BANTEN – Dalam rangka mendukung program kerja OASE KIM (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju Kabinet Indonesia Maju), Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian turut mensukseskan program Indonesia Hijau melalui penanaman serentak 1000 pohon yang dilakukan secara hybrid di 36 Provinsi di Indonesia.
Kegiatan penanaman secara simbolis di pimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin serta para hadirin OASE KIM dari wilayah sekitar Candi Borobudur.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian merupakan titik tumpu program Indonesia Hijau. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan terus memberikan dukungan kepada Bidang 5 OASE KIM.
“Kami juga berupaya menghijaukan Indonesia melalui program tanam 77 pohon saat peringatan HUT RI” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Selaras dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursyamsi, juga menghimbau kepada Unit Pelaksana Teknis yang didaerah untuk turut mendukung program OASE.
“UPT Kementan yang ada di daerah harus hijau, harus ditanami dengan buah buahan lokal khas daerahnya, agar buah buah lokal bisa lestari” ujar Dedi.
Kegiatan tanam pohon buah ini merupakan bentuk aksi nyata dari program kerja OASE KIM bidang 5, yaitu Indonesia Hijau.
”Dengan penanaman 1.000 pohon diharapkan nanti anak cucu kita dapat ikut menikmati hasil yang kita tanam saat ini, contohnya sekarang Saya menanam pohon siwalan/lontar yang kedepan dapat tumbuh dan berbuah” ujar Ibu Negara, Iriana Joko Widodo
Sebagai salah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian, PEPI turut mensukseskan penanaman buah durian varies Siseupah dan MK. Hortimart yang dilangsungkan di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu Banten.
Kegiatan ini dihadiri PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Direktur PEPI Muharfiza, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten bersama Karantina Pertanian Cilegon, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Banten.
Direktur PEPI Muharfiza mengatakan kegiatan tersebut selain mensukseskan program Indonesia hijau yang dirancang OASE KIM juga upaya dalam menjaga ketahanan dan kemandirian pangan di daerah.
“Harapannya dengan penanaman pohon serentak ini akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan kita yang lebih berkualitas. Kegiatan penanaman pohon dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi” tandas Muharfiza.

 120 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?