Hardiknas, Dosen Politeknik Enjiniring Kementan Teken Pakta Integeritas

Tangerang— Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar merupakan tema Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) menjadikan komitmen bersama dalam dalam mewujudkan transformasi dalam bidang pendidikan, serta mewujudkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya untuk pendidikan.

Momen Hari Pendidikan Nasional Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) terdapat beberapa dosen dan tenaga kependidikan yang mendapatkan promosi serta kenaikan pangkat. Pada waktu yang bersamaan dilakukan teken Pakta Integeritas ini betujuan untuk mewujudkan pelaksanaan wawancara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada jalur Undangan, Umum dan Prestasi sebagai bentuk komitmen tertulis dalam upaya menjalankan fungsi integritas dan akuntabilitas yang bertempat di Auditorium PEPI, kamis (02/05).

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa Pemuda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha yang sukses di masa depan. Kunci paling utama, kata Amran, yang harus dilakukan adalah berinovasi, dan kalau sudah berhasil terus lakukan ”The power or repetition”.

“Sebagai generasi muda harus mengubah kebiasaan. Tekad kuat dan kerja keras, akan mengubah nasib para anak muda,” ujar Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi juga menegaskan bahwa karakter yang dimiliki oleh petani milenial adalah salah satu kunci keberhasilan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator),” kata Dedi.

Dedi Nursyamsi mengatakan mahasiswa dan calon mahasiswa adalah generasi penerus pertanian ke depan. Tongkat estafet pembangunan pertanian berada ditangan generasi milenial.

“Hidup matinya sektor pertanian di Indonesia ada di tangan generasi milenial. Melalui Polbangtan dan PEPI kalian akan dibekali pengetahuan, pendidikan karakter serta dilatih sesuai dengan keperluan dunia industri dan dunia usaha,” papar Dedi.

Direktur PEPI, Muharfiza sebagai Pembina upacara HARDIKNAS menyatakan bahwa Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas SDM ini ditentukan oleh pendidikan yang mereka peroleh. Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu pilar utama dalam pembangunan nasional.
Sebagai perguruan tinggi vokasi yang bergerak di bidang pertanian, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia memiliki peran penting dalam mewujudkan Pendidikan bagi SDM Pertanian. Pendidikan pertanian memiliki peran krusial dalam memastikan ketahanan pangan dan pembangunan berkelanjutan.
“Pendidikan pertanian juga dapat membantu para petani untuk memahami pasar dan mengembangkan strategi bisnis yang efektif, sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan hidup mereka. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian, seperti perubahan iklim, hama penyakit tanaman, dan degradasi lahan, pendidikan pertanian menjadi kunci untuk menemukan solusi yang inovatif dan berkelanjutan,”ujar Muharfiza.

Dalam penandatangan pakta integritas dosen selaku pewawancara pelaksanaan PMB PEPI jalur Undangan dan Umum. Pelaksanaan wawancara jalur undangan mulai tanggal 2 s.d 3 Mei 2024 sebanyak 111 peserta yang akan diwawancara yang dibagi 2 tahap yaitu ofline dan online. Untuk peserta offline yang berasal dari Provinsi Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Selanjutnya pada tanggal 6 s.d 7 Mei 2024, akan dilakukan wawancara lanjutan tahap jalur Undangan dengan jumlah peserta 79 orang. Yang sebelumnya sudah melakukan ujian Computer Assisted Test (CAT) dengan jumlah peserta 117 orang yang dilaksanakan secara online,” tegas Muharfiza.

 256 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?