Gali Potensi Mahasiswa, Polbangtan Kementan Gelar Agriculture Vocational Olimpic 3.0

Tangerang—

Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian kembali gelar kompetisi tahunan Agriculture Vocational Olimpic (AVO) 3.0 pada 5 – 9 Februari 2024 bertemakan “Gaiety in Gala Art Fantastic Competition”.

AVO merupakan kegiatan tahunan para mahasiswa dan civitas akademika dalam rangka perebutan piala bergilir Direktur sekaligus menunjukkan bakat dan talenta serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa dan civitas. Berbagai cabang perlombaan diantaranya futsal, basket, volley, e-sport, bulutangkis, catur, tenis meja stand up comedi karya tulis ilmiah, puisi, story telling dll.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan Polbangtan/PEPI sebagai pendidikan tinggi vokasi memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan, dalam mendidik generasi milenial menjadi tenaga terampil, professional, dan berdaya kompetitif tinggi, guna meningkatkan daya saing bangsa.

“Kami yakin Polbangtan bisa cetak petani milenial. Mari jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” ujar Amran.

Sebagaimana Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi telah memerintahkan tujuh Perguruan Tinggi Vokasi di bawah naungan BPPSDMP Kementan untuk terus berprestasi. Bukan hanya di bangku akademik, tetapi juga dalam bidang non akademik.

Dedi mengatakan lulusan Polbangtan harus menjadi qualified job seeker dan job creator.

“Kalian harus dapat menjadi SDM Pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, karena itu akan mampu menggenjot kreativitas pertanian”. sebut Dedi.

Dedi menambahkan, kualitas SDM pertanian harus selalu ditingkatkan, sebab pertanian saat ini harus terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan inovasi.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Subbagian Umum PEPI, Irwanto mengatakan AVO merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dikemas dengan baik oleh kreatifitas mahasiswa PEPI.

“AVO bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang membangun rasa solidaritas, sportivitas, dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan civitas akademika PEPI,” ujar Irwanto.

Lebih lanjut, Irwanto berharap AVO dapat menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk menunjukkan potensi diri dan mengembangkan talenta mereka.

 33 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?