Dosen ciptakan Lulusan PEPI Professional, Berwirausaha dan Berdaya saing

Kementan mendorong para dosen menjadikan mahasiswa lulusan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia menjadi professional, berwirausaha dan berdaya saing. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dikawal dan dilibatkan DUDI dalam penyusunan kurikulum, proses pembelajaran, dan tahapan lainnya sehingga lulusan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja.
Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi dalam Kegiatan Supervisi di Kampus PEPI Serpong, senin (06/07).
Peran dosen dalam pendidikan vokasi untuk pengembangan SDM pertanian yang mampu mendukung percepatan pencetakan petani milenial yang berjiwa wirausaha. Sehigganya mahasiswa tersebut menjadi professional, berwirausaha dan berdaya saing.
Kontribusi terbesar dari produktivitas sektor pertanian dan sektor lainnya adalah sumber daya manusia (SDM). “Kita semua yakin pendidikan vokasi memegang peran penting dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian,” ujar Dedi saat memberikan arahan.
Selain melaksanakan perkuliahan juga tutorial, dosen diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik.
Para dosen mencetak generasi muda menjadi job seeker dan job creator, yaitu membentuk wirausahawan muda pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha serta industri pertanian. Oleh karena itu, ciri pendidikan vokasi yang berhasil ialah lulusannya dapat diserap dunia usaha dan dunia industri.
Nantinya lulusan PEPI dapat menciptakan petani milenial dengan tidak lagi menggunakan cara konvensional dengan pola tradisional, namun bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan memaksimalkan penggunaan alat mesin pertanian. Hal ini sangat penting guna menggenjot produksi pangan.(*)

 8 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?