Dorong Terobosan Progam Milenial, Politeknik Enjiniring Kementan Kukuhkan IMPPI Periode 2023/2025

Serpong- Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian lantik pengurus Ikatan Mahasiswa Polbangtan PEPI (IMPPI) periode 2023/2025. Sebanyak 11 orang pengurus IMPPI yang berasal dari perwakilan Polbangtan dan PEPI hadir secara offline dilantik langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Direktur PEPI di Auditorium PEPI, Jumat (29/12).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sangat berharap terhadap mahasiswa Indonesia sebagai generasi masa depan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan 2045. “Di negara ini banyak perubahan terjadi karena peran mahasiswa, gerakan mahasiswa memiliki peran penting dalam membuat perubahan. khususnya mahasiswa pertanian memiliki peranan penting dalam mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia 2045.” tegas Mentan.

Mentan juga mengatakan pentingnya kolaborasi dari setiap pihak khususnya mahasiswa untuk mewujudkan hal tersebut, “Kalau pemerintah saja yang bergerak, maka swasembada akan sulit kita capai. Kami perlu dukungan dekan dan BEM Fakultas Pertanian seluruh Indonesia untuk membantu mengawasi program kami,” tutur Mentan.

Senada dengan itu, Kepala Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa para petani milenial muda harus banyak tercipta melalui Polbangtan/PEPI.

“SDM pertanian adalah pengungkit terbesar produktivitas pertanian. Maka pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci terhadap cikal bakal lahirnya petani milenial,” katanya.

Dedi Nursyamsi menambahkan Indonesia membutuhkan hadirnya generasi milenial yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.
Menurut Dedi mandat penumbuhan Petani Milenial dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan memperkuat pilar penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan.
Dalam sambutannya, Direktur PEPI Muharfiza menyampaikan bahwa IMPPI merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki peran penting dalam mendukung program-program Kementerian Pertanian. Oleh karena itu, ia berharap agar IMPPI dapat berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan program utama Kementerian Pertanian.

“IMPPI diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi dan kreatifitas mahasiswa Polbangtan PEPI bagi mahasiswa untuk berorganisasi, berkarya, dan berkontribusi dalam pembangunan pertanian”ujar Direktur PEPI.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Ida Widi Arsanti menyampaikan harapannya setelah dilantiknya kepengurusan IMPPI Periode 2023/2025 dapat berkolaborasi bersama mewujudkan program-progam yang penuh terobosan guna menggerakan mahasiswa. Disisi lain mendukung proses pembelajaran di UPT Polbangtan/PEPI untuk mencapai lulusan yang diharapkan.

Pengukuhan kepengurusan IMPPI periode 2023/2025 diharapkan menjadi momentum untuk mengakselerasi inovasi dan terobosan di bidang pertanian. Kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah, dan dunia industri dinilai penting untuk mewujudkan cita-cita kedaulatan pangan Indonesia.

 84 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?