Cetak Generasi Emas, Polbangtan dan PEPI Gelar Ujian CAT PMB Secara Serentak

Pusat Pendidikan Pertanian di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengawal suksesnya  Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2022/2023. 

Seperti diketahui bersama, PMB Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) dibuka melalui beberapa jalur, yaitu  jalur undangan, jalur tugas belajar, jalur umum, jalur Kerjasama dan jalur prestasi akademik, olahraga, seni, keilmuan dan minat.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan Pendidikan Vokasi mempunyai peran penting menghasilkan petani milenial berjiwa entrepreneurship.

“Pendidikan vokasi telah dituntun dengan era yang baru. Saat ini pendidikan vokasi menjadi jawaban karena sekarang tidak hanya mengajarkan keterampilan dalam pendekatan intelektual tetapi juga sekaligus menyatukan sistem intelektual dengan manajemen orientasi seperti lapangan, dan praktis”, ujar Mentan Syahrul. 

Lebih lanjut disampaikan Syahrul, selain keterampilan intelektual, dalam vokasi di era saat ini ada pendekatan kedua yang sangat penting untuk didapatkan generasi milenial yaitu pendekatan karakter yang berasal dari intuisi atas pengalamannya.

 “Pendidikan vokasi mampu menyatukan antara intelektual dengan karakter. Kekuatan karakter sangat penting karena akan membuatnya menjadi seorang yang kuat, mampu bertarung dan mampu mencari jalan keluar terhadap segala tantangan yang ada”, tambah Syahrul. 

Menurutnya kapasitas lain yang didapat dari vokasi adalah kompetensi. “Kompetensi yang dibutuhkan kompetensi yang mampu berkolaborasi, kerja sama dengan orang lain dan juga kritis baik pada dirinya, lingkungan maupun ketika menghadapi masalah, yang tidak diam saja menerima apa adanya. Tidak cukup dengan itu saja ada satu hal lagi yang kaum milenial harus punya yaitu kompetisi mampu bersaing dengan kreativitas dan entrepreneurs”, tegas Menteri yang akrab disapa Komandan ini. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa Polbangtan dan PEPI adalah lembaga pencetak SDM pertanian unggul bidang pertanian.

“PMB Politeknik Lingkup Kementan yakni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) dilakukan untuk mencetak SDM pertanian unggulan yang mampu menjadi qualified job creators dan qualified job seekers dalam bidang pertanian”, papar Dedi.

Animo pendaftar pun terlihat sangat tinggi diseluruh Polbangtan dan PEPI. Khusus untuk PEPI, tercatat sebanyak 199 calon mahasiswa baru PEPI akan mengikuti tahapan lanjutan dari PMB yakni  Computer Assisted Test (CAT) yang akan diakses secara online melalui website https://cat.pusdiktan.id/pepi/ yang akan dilaksanakan 12-13 Mei 2022.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan PEPI, Andy Saryoko bersama tim telah menyiapkan  secara matang pelaksanaan CAT tersebut, tentunya hal tersebut telah di sosialiasikan kepada calon mahasiswa baru yang akan mengikuti proses pelaksanaan CAT. 

“harapannya setelah kegiatan sosialisasi CAT ini calon mahasiswa dapat melaksanakan test dengan baik dan memahami betul prosedur tahapan mengakses website ujian”, ujar Andy.

Disisi lain Andy mengungkapkan agar mahasiswa dapat tepat waktu dalam mengakses laman ujian online juga melakukan regitrasi terlebih dahulu sesuai dengan waktu yang sudah terjadwalkan.

PENGUMUMAN MELANJUTKAN SELEKSI TES WAWANCARA

 

 

 

 862 total views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »
Open chat
Perlu Bantuan?
Hallo
Ada yang bisa Kami Bantu?