Awal Tahun 2023, Politeknik Enjiniring Kementan Raih Juara Baca Puisi Nasional

SERPONG – Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) sebagai Pendidikan Vokasi Kementerian Pertanian terus berkomitmen dalam mewadahi minat dan bakat sumberdaya manusianya, khususnya mahasiswa untuk mengikuti perlombaan Baca Puisi Tingkat Nasional yang diadakan oleh Wadah Karya pada 14-23 Desember 2022.
Zahra Suci Ramadhanti, Mahasiswa tingkat satu program studi Teknologi Mekanisasi Pertanian berhasil meraih juara II dalam lomba baca puisi nasional bertemakan Pahlawan dengan judul puisi Gugur Karya W.S Rendra dan juara III dengan tema akhir tahun berjudul Bumi Menangis karya Iswaidi Syafi’I.
Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mengapresiasi prestasi para milenial. Mentan menilai kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan dan kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern serta meyakini pendidikan vokasi pada Polbangtan/PEPI akan melahirkan petani milenial yang berkualitas.
“Transformasi pendidikan di sektor pertanian belumlah maksimal apabila hanya menyangkut kelembagaan, maka ada empat jurus jitu yang harus ditekankan dalam pendidikan vokasi yakni karakter, kompetensi, kritis dan kreatif karena pendidikan vokasi menuntut hadirnya generasi milenial yang tangguh berkarakter petarung,” katanya.
Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, menuturkan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda.
“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator),” kata Dedi.
Melalui Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Prestasi Olahraga, Seni, Keilmuan, dan Minat (POSKM) PEPI banyak menemukan milenial berbakat. Sejumlah Prestasi banyak ditorehkan di tahun 2022, diantaranya olahraga pencak silat, futsal, menulis karya ilmiah, dan membaca puisi.
Perlombaan yang di ikuti Zahra dan peserta dari berbagai kalangan yang diadakan untuk mewadahi para penggemar literasi.
“Alhamdulillah, saya memperoleh 2 juara sekaligus pada perlombaan ini, hal ini merupakan prestasi yang akan terus saya tingkatkan kedepannya” ungkap Zahra.
Zahra menilai membaca puisi adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan dan merupakan caranya untuk mengekspresikan diri. Disisi lain prestasi yang ditorehnya tersebut menjadi promosi tersendiri untuk memperkenalkan PEPI di kalangan masyarakat.
Selanjutnya mengawali tahun 2023 PEPI akan bersiap membuka Penerimaan Mahasiswa Baru untuk menemukan milenial berbakat lainnya.

 164 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?