Alumni Politeknik Enjiniring Kementan terapkan Smart Farming Budidaya Melon Konsep Greenhouse

Yogyakarta— Doni Muhammad Ikhsan Lulusan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) lingkup Kementerian Pertanian mulai menggembangkan sayap dibidang Greenhouse Donfarm, komoditas melon merupakan salah satu buah yang banyak dibudidayakan. Nilai jual yang tinggi membuatnya tertarik untuk mengembangkan komoditas ini. Bahkan, buah ini mulai banyak ditanam di dalam greenhouse. Biasanya, melon yang ditanam di greenhouse menggunakan sistem hidroponik.
Greenhouse Donfarm yang terletak di yogyakarta tersebut menjadi daya tarik pemerintah desa untuk melakukan pelatihan dan studi tiru budidaya melon dalam bidang penguatan ketahanan pangan yang diselenggarakan pada tanggal 30 september.
Dengan berbekal ilmu yang didapat di PEPI, Greenhouse Donfarm kini mulai dilirik oleh pemerintah daerah untuk melakukan pelatihan dalam budidaya melon yang mengandalkan pemanfaatan internet of things dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam berbagai kegiatan, seperti pemupukan hingga pengendalian lingkungan secara otomatis.
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) akan hadir para petani milenial yang berkualitas.
“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimanapun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” sebut Menteri Syahrul.
Menurutnya pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepreneur. “Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru”, tambah Syahrul.
Sementara itu Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi secara terpisah menekankan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam mencetak SDM yang handal “Karena tonggak utama pembangunan pertanian berada ditangan sumber daya manusia yang berkualitas, utamanya ditangan generasi muda, generasi milenial”, ujar Dedi.
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi meyakini, jebolan Polbangtan/PEPI adalah lulusan terbaik yang disiapkan khusus dalam ilmu pertanian. Karena itu, ia berharap seluruh alumni mampu jadi pemantik dalam mengembangkan diri menuju persaingan global.

“Buktikan kepada orang tuamu dan bangsa ini, anak muda pasti bisa. Kamu muda, kamu berkreasi. Pertanian itu tidak pernah berhenti, pertanian dibutuhkan oleh bangsa ini,” kata Dedi.

Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya Doni Muhammad Ikhsan selaku lulusan PEPI bulan Agustus tahun 2023 dan dibagunya Greenhouse Donfarm karena kecintaanya dalam bidang pertanian dan merupakan lulusan petanian.
“Greenhouse atau rumah kaca adalah struktur bangunan tertutup yang dirancang untuk membantu pertumbuhan tanaman dengan menciptakan lingkungan yang terkendali baik dalam proses pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT)”, Tegas Doni lulusan Program Studi tata air pertanian.
Profil pemilik usaha ini, yang telah mengambil pendidikan di bidang pertanian dan Tata Air Pertanian, menjadi aset berharga dalam pengembangan budidaya melon di wilayah Yogyakarta. Latar belakang pendidikan ini memberikan pemilik Donfarm pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip pertanian, manajemen sumber daya air, dan teknologi terkini dalam bidang pertanian.(*)

 462 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?