Agroeduwisata, Wahana Politeknik Enjiniring Kementan Kenalkan Teknologi Pertanian Bagi Pramuka

SERPONG – Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Kementerian Pertanian terus berupaya menyebarkan jejaring petani milenial dari berbagai lini. Salah satunya melalui kegiatan Agroeduwisata dari Peransaka (Perkemahan Antar Satuan Karya) Provinsi Banten yang dihadiri oleh Pramuka Penegak dan Pandega se Provinsi Banten. Kunjungan yang dihadiri kurang lebih 200 peserta tersebut bertujuan untuk mengenal teknologi pertanian seperti hidroponik, alat mesin pertanian dan lahan terpadu pertanian yang dimiliki oleh PEPI.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan dengan adanya Agroeduwisata merupakan upaya Kementerian Pertanian dalam modernisasi pertanian yang harapannya generasi muda mau terjun di bidang pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda, bahwa pertanian itu keren, hebat.” jelas Mentan Syahrul.

Disisi lain Mentan berpesan agar Pramuka turut aktif dalam menjaga keberlangsungan pembangunan pertanian. Saat ini pertanian juga dihadapkan pada persoalan climate change yang turut mengancam ketahanan pangan.

“Khususnya, untuk menghadapi segala tantangan di lapangan agar ketersediaan pangan nasional terjaga lestari dan pertanian nasional menjadi lebih maju, mandiri dan modern” ujar Syahrul.

Sementara Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, pendidikan vokasi juga harus sinergi dengan program Pramuka untuk membangun milenial yang andal.

“Seluruh kegiatan pertanian bisa sinergi dengan Merdeka Belajar, dan pendidikan vokasi juga harus sinergi dengan program Pramuka untuk sama-sama membangun milenial yang andal,” tandas Dedi.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Wakil Direktur Tiga Bidang Kemahasiswaan, Enrico Syaefullah. Dalam pembukaan acara tersebut beliau menyampaikan para peserta yang hadir nantinya akan diperkenalkan berbagai pertanian modern yang ada di PEPI. Sehingga harapnya dapat timbul jiwa kecintaan terhadap pertanian.

“Seperti yang kita bisa lihat disini semua kegiatan berorietasi pada teknologi, pertanian tidak hanya tentang cangkul tapi alat mesin pertanian yang mana mahasiswa menjadi operatornya” ujarnya.

Harapannya setelah kunjungan yang dihadiri oleh Gerakan pramuka penegak dan Pandega se Provinsi Banten dapat menjalin sinergi untuk menjaring petani milenian yang cinta akan pertanian.

 552 total views

Translate »
Accessibility
Open chat
Perlu Bantuan?
Selamat Datang di website PEPI.
Ada yang bisa Kami Bantu?